> Dear Bung Jaya,
>
> Nampaknya anda 'senang' membuat kesimpulan tanpa data. By the way,
> semoga diskusi ini tidak terhambat oleh sinism.
>
> salam,
>
> ida

My dearest mbak Ida,

Nampaknya anda 'sedang' membuat kesimpulan tanpa data. By the way,
semoga diskusi ini tidak sekedar lancar karena hanya melihat pendapat
yg senada.

My dearest mbak Ida, pluralisme pendapat di milis ini masih jauh lebih
kecil dari pluralisme di tanah air. Bandingannya adalah 577 : 210 juta.
Untuk mencapai kata sepakat sambil menjunjung demokrasi adalah
sulit. Mbak Ida sudah terjebak satu kali, yaitu saat pertama mbak hendak
membuat kelompok kecil (karena ngambek dengan komentar saya).
Pada saat itu, langkah anda persis yg dilakukan oleh Sukarno yang
kehilangan kesabaran, sehingga menghasilkan "demokrasi terpimpin"
di tahun 1950-an itu. Hal ini terjadi lagi pada jaman Suharto.
Langkah pemenangan Golkar (dengan sasaran perolehan suara >90%)
kan untuk memudahkan pencapaian kata mufakat secara cepat.
Inilah harga dari demokrasi ini, sayangnya mbak sebagai calon
politikus ulung yang ingin melakukan reformasi malah melakukan
hal yg sama dengan yang mau direformasi. Bukankah suatu ironi?

Makanya dengan terpaksa jumlah keahlian embak saya kurangi 1 point.
Tadinya 1000 macam menjadi 999 buah keahlian. Tapi jangan kawatir,
999 buah kan jauh lebih banyak dari keahlian saya yg cuman 3 buah saja.
Mau tahu keahlian saya; (1) kritik nggak mutu, (2) komentar nggak mutu;
dan (3) bikin mbak Ida merengut. Hehehe......

Eh, sorry lho kalau pedes, soalnya kita semua di milis ini kan sayang dengan
embak (Iya endak rekan-rekan..........hehe).

Salam,
Jaya

--> I disapprove of what you say, but I will
    defend to death your right to say it. - Voltaire

               \\\|///
             \\  - -  //
              (  @ @  )
------------oOOo-(_)-oOOo-----------