Ramalan ane bahwa chance kemenangan Golkar dengan partai-
partai derivatifnya (zat kimia kali....) cukup besar. Partai Golkar
sendiri ane rasa justru akan menjadi partai dengan perolehan
suara individu terbesar.

Setelah bertapa dan melihat bola kristal ane, kemungkinan
Golkar akan memperoleh suara 25-30% (Ini bola kristal ane konsisten
sejak beberapa bulan lalu...entah kenapa). Lebih besar dari
perolehan PAN atau PKB, apalagi PDI-P yang berulang kali
melakukan blunder politik (lihat lagi berita Jawapos tentang protes
wartawan wanita ujungpandang).

Lalu apa implikasinya? Nah ini dia.... dengan perolehan suara
25-30% pun, jelas tidak otomatis BJH bakal naik tho? Perlu tambahan
suara dari partai-partai yang mau berkoalisi, maupun partai-partai
yang asal-usulnya partai filial. Menurut saya kemungkinan yg muncul
dari partai yg mau berkoalisi dg Golkar:
- Partai independen = PPP, PKU, PNU, PDI, PAN (Lho PAN?)
- Partai Filial = PKP, PDR,

Bukan niat saya untuk bikin sesuatu yg kontroversial lagi untuk
menempatkan PAN sebagai partai yg mau berkoalisi. Ini adalah politik
bung, segala kemungkinan dapat terjadi. Apakah dengan berkoalisi (dg
Golkar) berarti mengkhianati janjinya terhadap rakyat? Belum tentu juga.
Koalisi bila diibaratkan perusahaan mungkin mirip dengan FIRMA
atau bahasa kunonya KONGSI. Bila satu orang mogok, maka
orang lain tidak dapat mengambil keputusan (tepatnya pake voting).
Mungkin iklan Geico Direct dimana menggambarkan satu cowok dengan
3 kepala, dua kepala ingin mengajak kenalan dengan cewek, tapi gara-
gara satu kepala tidak suka dengan type cewek tsb, badannya ya nggak
mau maju. Alhasil apa? Koalisi bisa pecah.... Apa akibatnya? Serpihan
koalisi ini dapat berubah dari mayoritas menjadi minoritas dibandingkan
koalisi musuhnya. Kalo sistem parlementer sih kabinetnya lalu bubar ya?
Nggak tahu kalo kayak kita ini...

Makanya, untuk berkoalisipun tidak sembarangan. Perlu terdapat
persamaan-persamaan, dan keinginan untuk berkorban. Lho berkorban?
Apa pula ini? Lha ini dia.... bila sudah di puncak kekuasaan, dapat pula
ide-ide dasar yg sebetulnya menjadi kekuatan partai tsb, misal PAN
pengen nuntut Suharto, lalu berkoalisi dengan Golkar yg adem ayem
ndak mau nuntut Suharto, bisa-bisa tujuan semula dikorbankan.

Yah.... mirip orang kawin lah. Yang tadinya demen cuci mata kalo bule lewat
ya kalo nengok-nengok rada diatur lah.... jangan kentara sampe nengok
90 derajat atau malah pake balik badan.... bisa-bisa kepala benjol ditimpuk
sepatu sama bini.... Itu kalo nggak mau lihat ada orang nuntut dipulangkan
saja ke rumah ibu atau bapakku (eeehhh kok jadi Obie Mesakh nih)...
hehehe... Sama lah dg Firma, eh, koalisi ini....

Anyway, saat ini koalisi yang diberitakan adalah PAN, PKB, PDI-P.
Golkar sudah pasti berkoalisi dengan PDR, PPP, PDI. Cuma ya itu....
siap-siap aja menerima kejutan politik bila suara yang muncul meleset.
Inga...inga.....kursi Ligna sangat nyaman....

Berita terbaru dari room-mate yg baru nelpon babe-nya (baca: 'bah-ba',
bukan 'beib' yah...), bakal ada kontes caprez pada Hari Senin ini. Yang
muncul BJH, AR, MS, dll....  Hah MS? Ah yang bener? Yes, sodara-sodara,
akhirnya MS berani tampil setelah diolok-olok Ikatan Wartawan Wanita
Ujug Pandang, wong mau jadi presiden kok terbang naik heli dari tanah
toraja ke Ujung Pandang sudah capek, Suharto aja yang terbang dari
Eropa pulang balik ndak capek. Nah......Ini kontes besar yah....

Eeee ladhalah.... wong judulnya ramalan cuaca kok ngomongin kontes...
Iya gini... jadi nurut ane, bila koalisi PAN-PKB-PDI-P menang, maka dalam
2-3 tahun pertama perekonomian kita bakal kocar-kacir. Lho kok bisa?
Lha pengalaman belum ada. Menteri-menteri baru yang nggak tahu masalah
lapangan masih tambeng dan sok tahu tidak mau dengerin pendapat
bawahan. Pokoke gitu lah.... Lho apakah jelek? Ya belum tentu.......
Semua kan nurut kurva belajar itu.... atau kalo pake bahasa tapanulinya
'Learning Curve' itu... (hayo...sopo sing ngamuk lagi.....). Jadi ya memang
mesti gitu. Makanya ane cuman mau wanti-wanti aja, jangan kaget dan
jangan heran...jangan sampe bilang "lho kok begini....".

Lho kalau gitu mending Golkar dong? Ya belum tentu juga.... Memang
kalo mobil itu ibarat beli mobil bekas. Ndak perlu enreyen lagi (hehe...
nulisnya gimana sih, een-rijen?....bodo ah). Tapi ya itu... tarikannya
juga sudah kurang. Lho kalo gitu nggak bisa jalan kenceng dong?
Not necessarily lah..... bisa jadi jalannya kenceng juga. Tapi memang
beberapa badan dunia sudah nggak enak ati.... udah males bantuannya
dikorup. Lho kalo gitu bakal susah dong? Ya belum tentu juga. Itu
negara-negara barat yang sok jual mahal kasih bantuan kan cuman
sok-sokan aja. Lha wong misal ente butuh duit, ane mbantu kan artinya
ane ngasih ente duit tho? Ndak ada buntutnya.... Lha ini rak lain...
Itu semua cuman tepu-tepu doang. Mestinya namanya PINJAMAN...titik...
Dasare ORBA, ditulisnya BANTUAN pinjaman.... Ngomong 'bantuan'-nya
kenceng banget, giliran ngomong 'pinjaman' pake bisik-bisik. Jadinya
ngasih kesan ke orang yg rada males mikir sebagai BANTUAN thok. Padahal
kita mesti bayar interest juga. Ini yang orang sering lupa....

Jadi gimana dong? pilih yang mana? Pikiren dewe....wong saya juga
binun kok...... Lho lalu apa tujuan ane kirim posting? Lha kan ane
cuman ngingetin jangan mikir yang indah-indah doang lah....
Kesan yang saya tangkap kayak gitu je...... Lha kesan saya peserta milis ini
serasa kayak mahasiswi tahun pertama sampe ketiga.... Indah-indah
semua yg diinginkan dan dilihatnya... Cowok mesti kaya, ganteng, pinter,
tinggi, atletis, romantis, lalu nanti kerja di bank, duit banyak....eeeee....
dapetnya bajul buntung...udah gitu di-PHK dari bank lagi......apes bener...hehehe.....

Jaya

--> I disapprove of what you say, but I will
    defend to death your right to say it. - Voltaire

               \\\|///
             \\  - -  //
              (  @ @  )
------------oOOo-(_)-oOOo-----------