Karena saya ini tidak mau dituduh membandingkan Amien
Rais dan Megawati, marilah kita sejenak membandingkan
Soeharto, Mahatma Gandhi, dan Amien Rais.

Soeharto:
Pernah mengajak kita untuk bersama "mengencangkan ikat
pinggang" dengan cara menghemat untuk kepentingan
negara.  Tapi ironisnya, malah dia yang mencuri uang
negara (est. $15 billion or more)

Mahatma Gandhi:
Waktu beliau meninggal, kekayaannya cuman baju di
badan, sebuah kacamata dan sebuah sandal. Kalo nggak
salah, totalnya sekitar $10.

Amien Rais:
Sekitar tahun 1989 membeli sebuah jam tangan di
pedagang kaki lima di Washington, D.C.  Harga jam
tangan tsb berkisar $10-$20.  Dan kurs rupiah ke
dollar saat itu sekitar Rp 2,000.

Sewaktu berkunjung ke Washington D.C. baru-baru ini,
beliau masih memakai jam tangan yang sama. Jadi dalam
sepuluh tahun, beliau tetap memakai jam tangan yang
sama.
Selama di D.C. beliau menolak tawaran bantuan (baca:
uang) dari beberapa orang Amerika.

Yang saya herannya, kok beberapa pemimpin ummat
beragama di Indonesia malah menuduh Amien Rais
menerima bantuan dari Amerika tanpa memberikan
bukti-bukti yang kuat. Kalo menuduh tanpa bukti,
bukankah itu yang namanya fitnah?, dan bukankah fitnah
sangat bertentangan dengan ajaran agama kita masing2?

Jadi kalau para pembaca punya waktu, silahkan cari
sendiri (di media massa yang terbit beberapa bulan
lalu) siapa saja pemimpin2 agama yang saya maksud.
Sebahagian dari mereka itu adalah pemimpin parpol.

Jadi sekali lagi saya tidak ingin membandingkan Amien
Rais dan Megawati karena Megawati yang sebenarnya
memanglah tidak pantas untuk dijadikan perbandingan.

Salam

Ali Simplido