Irwan Ariston Napitupulu:

>Adakah rekan2 disini yg punya cukup informasi
>sebenarnya sampai seberapa besarkah bahaya dari Y2K?

Yw: Menurut saya, masalah Y2K terlalu dibesar-besarkan.
    Seperti ibaratnya: masalah AIDS. Bahaya sih bahaya,
    tapi sebenernya, banyak pihak 'sangat jauh'
    peluangnya utk kena penyakit itu.

    Kalau Y2K itu yg paling kritis adalah utk sistem-
    sistem yg real time yg hidup 24 jam terus-terusan
    (atau at least almost 24j). Itu pun, yg mengolah
    fungsi terkait waktu. (Sistem real time di pabrik
    mobil, robot-robotnya, etc. misalnya, tdk terpengaruh).

    Kalo yg riilnya: misalnya, sistem-sistem keuangan
    (ATM bank, etc). Penghitungan bunga bisa salah.
    Kita bisa rugi. Atau bank bisa rugi. Atau penghitungan
    durasi pembicaraan telpon dari jam 10 malem th 1999,
    sampe 2 pagi 1 jan 2000. Ada peluang orang 'kehilangan'
    duit. But, as we all know, money is not everything.

    Contoh lain: sistem-sistem yg 'menyangkut' nyawa
    manusia. Misalnya: pengendali lalu lintas/navigasi
    udara/laut. Gara-gara 'miss' ngatur jadwal, misalnya,
    pesawat bisa 'ketemu' secara tidak semestinya. Atau,
    sistem pengontrol 'hidup pasien' di rumah sakit. etc.

    Walaupun, menurut keyakinan saya, orang tidak akan
    mati hanya gara-gara kecelakaan, orang nggak akan
    mati hanya gara-gara Y2K.

    Orang itu hanya akan mati kalo emang sudah jadwalnya
    dia utk mati. Dan kalopun tidak ada Y2K kalo emang ybs.
    udah jadwalnya mati, ya matilah dia. Biarpun seluruh dunia
    kacau balau bakau, langit gelap gulita, petir nyamber setiap
    pohon yg ada di muka bumi, (gile dahsyat banget ;-) kalo
    emang ybs. belum jadwalnya utk mati, ya hiduplah dia. Jadi,
    it's not really a big deal juga kalo mikirnya sampe
    ke situ. ;-)

    Anyway, sistem-sistem yg kritikal itu, pada saat
    bikinnya sudah diuji gono-gini yg jauh lebih 'aneh'
    dari sekedar bug Y2K. Jadi secara prosentase, hanya
    sedikit banget yg akan jeblok di pergantian abad itu.

>Sudah sampai sejauh manakah upaya pencegahannya?
>Pertanyaan ini untuk lingkup Indonesia dan juga AS.

Yw: Yg harus mencegah adalah yg kompeten. Ie. terutama
    para 'administrator' dari sistem-sistem di atas.
    Saya terus terang cuwek aja (soalnya cuma
    mengoperasikan PC-PC doang). Biasanya dites
    (disimulasikan) suasana pergantian abad tsb. Dan
    99% lebih mesin yg 'kritikal' lolos tes sederhana
    macem itu.

    (Catatan: Dari yg 99% itu banyak juga yg kedapatan ada
    bug Y2K-nya tapi nggak fail/macet/mogok/ngerusak, alias
    cuma kedapatan clock-nya 'nggak comply'). Dan banyak
    juga mesin yg belum/nggak di tes).

>Kira2, untuk amannya, bagusan kita ngelakuin persiapan
>apa saja?

Yw: Cek aja rekening-rekening anda tgl 2-4 Januari 2000.
    Kalo ternyata oke, ya oke. Kalo nggak oke, ya
    diurus; tapi kalo nggak okenya ternyata kurang
    10 sen dolar atau 25 rupiah, terus utk ngurusnya
    akan menghabiskan uang 30 ribu rupiah, ya nggak
    usah diurus.... ;-)

>Saya tertarik ingin tahu setelah beberapa waktu yg lalu
>ngobrol2 santai dengan salah seorang hacker.
>Dia bilang titik rawannya itu adalah interval waktu
>yg terjadi saat pergantian millenium walau hanya
>sekitar beberapa menit saja. Kekosongan inilah
>yg katanya akan diincar oleh para hacker untuk
>masuk ke bank2 atau jaringan2 penting lainnya
>yg bisa membuat kekacauan.

Yw: Itu kurang masuk akal. Dan gampang sekali dimentahkan.
    Katakanlah: banyak sistem keuangan akan di shut down
    pada jam 11 malam tg 31Des99 sampe jam 1 malam
    tg 1Jan99. Utk tutup buku rutin akhir tahun, dsb.
    Mana bisa orang akses ke komputer yg dimatiin?

    Tinggal diumumin aja: berhubung konsolidasi/tutup-buku
    akhir tahun, dari jam 11 s/d jam 1 di penghujung tahun,
    anda tdk dapat memanfaatkan ATM kami. Harap maklum.
    Selesai. Dan ini sudah biasa terjadi (di Indonesia).

    Andaikan nggak dimatiin, bagaimana memanfaatkannya?
    Apakah mau crack password? Crack password nggak ada
    hubungannya dg Y2K. Kalo mau crack, ya kapan aja
    waktunya nggak perlu nunggu saat itu. Apakah mau
    crack security system? Emangnya pada saat itu,
    semua 'pintu' dibuka? Kalo emang ada 'back door'
    yg bisa ditembus, rasanya saya sulit membayangkan
    ada 'back door' yg cuma buka pada menit-menit itu
    doang. Apakah pada saat itu para 'guardian' fail,
    terus orang jadi ada kesempatan bludas-bludus?
    Biasanya, kalo 'guardian' fail, justru sistem
    locked (artinya: yg berhak pun nggak bisa masuk,
    bukan sebaliknya. By design biasanya gitu).

>Denger2 info lagi dari salah seorang yg akan ikut
>latihan militer di AS untuk menghadapi bahaya Y2K.

Yw: Ha, ha,... ya mungkin aja. Those are smart moves.
    Mumpung ada kesempatan 'create projects', ya
    harus dimanfaatkan, dong. Kalo ada isu
    penyakit baru 'kutil ajaib' (entah benar entah
    enggak), dan orang bisa memanfaatkan itu utk
    menjustifikasi proyek senilai 100 trilyun,
    ... most likely orang akan melakukannya. ;-)

Kirim email ke