Pendidikan:
Ph.D. dari MIT
Pak Yahya sudah berkecimpung dan banyak memberikan
contributions di dunia pendidikan for decades.

Buku-buku:
nulis beberapa buku tapi saya lupa judulnya, tapi
salah satunya adalah masalah yang menyangkut KKN
soeharto.  Kalo nggak salah Pak Yahya pernah kena
tuntut sama si Probosutedjo (rezim soeharto) karena
bukunya itu.

Selama menjabat Atase Dikbud KBRI Washington, D.C.:
Yang saya dengar dari banyak mahasiswa/i :

Banyak sekali mahasiswa/i di DC dan Amrik yang merasa
kehilangan atas pulangnya Pak Yahya ke Indonesia.  Pak
Yahya ini seperti Bapak kandung mahasiswa/i tsb karena
selain banyak membantu di bidang academic, Pak Yahya
juga banyak memperhatikan masalah kesehjateraan
(keluarga dan economy) mahasiswa/i. Dan masalah
kesehjateraan mahasiswa/i ini jarang sekali mendapat
perhatian dari pemerintah, tapi ini berubah sejak Pak
Yahya ditempatkan di DC.

Yang saya dengar dari masyarakat DC, Maryland,
Virginia:

Sebagai seorang pejabat, Pak Yahya ini orangya terbuka
dan merakyat.  Karena dua hal ini, rumah Pak Yahya
sempat mendapat julukan "rumah rakyat", dan ini
satu-satunya rumah pejabat KBRI DC yang mendapat
julukan ini:-)

Characeter:
Pak Yahya adalah seorang intelectual yang sangat
sederhana, easy-going, cool, low profile dan senang
guyon.
To sum up his characters, kalau anda membuka kamus
tentang character, nama Pak Yahya itu adalah di
bahagian "A" list, he is one of the best.

Overall, by choosing Pak Yahya as Mendikbud, Gus Dur
has just made a good choice and decision for
Indonesia.

Insya Allah, sebagai seorang menteri, Pak Yahya akan
banyak meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,
sekaligus memberantas kebobrokan pejabat2 Dikbud
sebelumnya. Amien..Amien..Amien...

salam

Ali Simplido

=====