Nahar,
   Saran gue, mending temen loe itu suruh e-mail kesini, kita lempar
sebanyak2nya persoalan, uneg2, pikiran, dan saran, karena dengan itu kita bisa
ketemu jalan tengah. Gue engga' bisa percaya site2 tersebut karena, namanya
juga usaha propaganda dan itu bias (tapi gue pasti lihat kok site itu). Gue
engga' bisa ngomong buat semuanya, tapi gue cuma berharap kalau gue bisa
ngeliat, sedikit aja, pikiran mereka, dengan harapan, sekali lagi, bisa
menemukan jalan tengah.
    Emosi yang gue keluarkan berdasarkan dari kebanggaan gue sebagai orang
Islam, bahwa Aceh disebut Serambi Mekah. Sebagai warga Indonesia, gue merasa
Aceh itu part of who I am.
   Seandainya yang ditutut oleh masyarakat Aceh itu adalah keadilan dalam
social dan ekonomi, gue rasa pemerintah yang sekarang akan berusaha sedapat
mungkin untuk memenuhi tututan tersebut Seandainya yang di janjikan pemerintah
adalah janji2 palsu, bukannya lebih baik kalau semuanya bersatu dan memerangi
pemerintah lagi, dari pada bercerai-berai dan usaha sendiri?.
   Gue sendiri bukan orang pemerintah atau bersangkut paut dengan pemerintahan
yang ada sekarang, tapi keyakinan gue tersebut berdasarkan atas perjuangan
mahasiswa2 yang sukses menurunkan pemerintahan Soeharto/Orde Baru, dan
mendirikan pemerintahan sekarang yang "suppose to be" bersih, sehat, dan adil
kepada seluruh rakyat Indonesia.
   Problem yang gue punya adalah penolakan dan ketidaksabaran sebagian rakyat
Indonesia terhadap pemerintahan yang sekarang. Kalau menurut pendapat mereka
bahwa pemerintah yang sekarang sama saja dengan ORBA, yah berarti mereka2 itu
tidak menghargai perjuangan saudara2 mereka yang lain dong.
   Faktanya adalah yang memulai semua ini adalah mahasiswa2 dan rakyat2 yang
berada di Jawa (lihat, bukan berarti orang Jawa). Seandainya, seperti yang
orang2 Aceh dan daerah2 yang lain berpendapat kalau kita semua hidup senang,
dan menikmati hasil perasan dari daerah2. Mahasiswa2 dan rakyat yang ada di
Jawa, tidak akan berdemo dan mengorbankan nyawanya untuk merubah sistem
pemerintahan yang ada. Kita semua menderita dan sengsara berada dibawah
pemerintahan Soeharto. Sekarang jamannya sudah berubah, kenapa justru sekarang
mahasiswa2 daerah, GAM, dll, justru memberi kesan "memusuhi" pemerintah yang
ada?. Apakah ini hanya usaha orang2 oppurtunis?. Apakah ini usaha mahasiswa2
daerah untuk mendapatkan "nama" dan dapat diukir dibuku sejarah sebagai
pejuang reformasi dan kemerdekaan?. Jika mereka ingin "merdeka" kenapa tidak
mengemukakan didepan? Kenapa saat pemerintah menerima tuntutan rakyat Timor
Timur untuk merdeka, kemudian Aceh, IrJA, dll, juga ingin merdeka?. Dimasa
pemerintahan Soeharto, kita semua (mahasiswa dan rakyat Indonesia) punya 1
common goal, yaitu menurunkan ORBA yang dianggap telah merusak citra dan
merugikan seluruh bangsa Indonesia. Kita semua bahu-mambahu sehingga kita
berhasil mendapatkan apa yang kita tuntut. Kenapa setelah berhasil, justru
ingin memisahkan diri? bukannya itu namnya menusuk dari belakang, terus terang
saya merasa sedih dan terhianat oleh perbuatan saudara2 kita tersebut.
   Yang terakhir, sebagai catatan, LSM2 International itu tidak pernah
memperjuangkan apa yang didekat negara2 asal mereka. Justru mereka mengacau di
tempat yang jauh, karena mereka tidak ingin negara mereka atau negara tetangga
mereka kacau, yang akan mengakibatkan kesengsaraan di pihak mereka sendiri.
Terkadang saya berpikir bahwa LSM2 ini digerakan oleh western goverments
untuk melemahkan negara2 lain, untuk menguatkan posisi negara mereka sendiri.
Mereka sukses dengan USSR, kemudian mereka mencoba China (tapi gagal).
Sekarang mereka mencoba Indonesia, sukses denga Tim2, mereka sekarang mencoba
daerah2 lain. Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, sudah sewajarnya kita
jadi sasaran mereka...:). Pemberontak2 yang ada ditanah air, tentu sudah
di"briefing" dan dihasut dengan janji2 bahwa perjuangan mereka adalah benar,
dan akan didukung oleh negara2 barat.
   This is conspiracy at the very best, my friend. Kita bisa bertekuk lutut,
soal Tim2, but I'll be damn if those F****** are going to steal another inch
of my soil.
   Bedasarkan ini, gue sangat berharap jika ada diantara temen2 loe yang asli
Aceh, lahir, tinggal, sekolah di Aceh, untuk bersedia berdiskusi dengan kita2
semua yang ada disini.

p.s:
  Ma'af kalau panjang dan bertele-tele.

from Denver,CO
Ichal

Muhammad Nahar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
On Fri, 19 Nov 1999 10:19:34   Rizal Az wrote:
>   Seharusnya kita cari tuh orang2 yang asli dari Aceh tembak langsung
Amrik.
>Kita tanya apa yang sebenarnya terjadi di Aceh. Dengan begitu forum ini bisa
>lebih productive untuk menyumbang pikiran kita untuk pemerintah. Karena gue
>ngerasa ngeroyokin Muhammad Nahar (termasuk gue..:)). Kaya'nya kurang fair
>juga.

It's ok to me. Saya enjoy kok beda pendapat dengan semuanya di sini (I even
laugh at they who speak merely based on their emotions. Padahal katanya kan
intelektual. Saya kadang-kadang juga' sih).

Ini saya berikan situs-situs internet yang suka me-reveal keburukan TNI di
Aceh(I got these from my friends)

1. Harian Waspada, www.waspada.com
2. Harian Serambi Indonesia, www.indomedia.com/serambi
3. Aceh Homepage, www.aceh.org