Salam Permias,

Beberapa waktu yang lalu, saya menanyakan di Permias@ dan imsa@:

Selain H-1B approval notice dari INS (Immigration and Natural Services),
dokumen apa saja yang diperlukan ketika melamar visa H-1B ke Kedubes Amerika
di Indonesia?

Banyak jawaban yang saya terima seperti yang terlampir di bawah.  Terima
kasih.
Jawaban yang masuk lewat jalur umum (permias@ dan imsa@) saya sertakan nama
pengirimnya. Jawaban yang melalui jalur pribadi tidak saya sertakan nama
penjawabnya.

Semoga bermanfaat.

Jabat erat,

Ahmad Syamil
Jonesboro, AR

http://www.clt.astate.edu/asyamil/

Jawaban # 1:

Seingat saya hanya surat approved petition saja yang
diperlukan.  Sebagai cadangan adalah surat pekerjaan kita dan surat dari
lawyer (university lawyer) sewaktu kita mengurus petition dahulu.  Yang dua
terakhir ini just in case Konsulat berbuat yang aneh-aneh (saya kira
tidak).

Jawaban # 2:

From: Oscar Zaky <[EMAIL PROTECTED]>

Tambahan:
- offer letter dari perusahaan
- kalau bisa, surat dari perusahaan untuk tanggal official start kerja
(kalau belum mulai)

Jawaban # 3:

From: Sumedi P. Nugraha <[EMAIL PROTECTED]>:

Info di FSU ini mungkin bisa untuk tambahan references.

http://www.fsu.edu/~fsu-isc/immigration_services/H1.html

Jawaban # 4:

Assumsinya petition H-1 nya sudah diapprove INS.
Pengalaman saya kemarin yang dibutuhkan cuma ORIGINAL approval notice
dari INS, form I-771.

Tapi utk amannya ditambah dengan:
* The most recent paystub
* Employment verification letter from the employer stating that
  You are still continously employed.

Jawaban # 5:

M Waluyo <[EMAIL PROTECTED]>

Nambahin ket. bro aris (drpd nanti kurang mendingan yg dibawah ini
dilengkapi):
- photo 1.5 X 1.5 (passport size)
- LCA-nya sendiri jgn lupa dibawa (copy)
- 2-3 month recent paystub
- prior F-1 or other immigration document (i.e OPT)
- Degree Certificate
- fee $45
- isi application form
- dlm current employment letter , jgn lupa include nature of work dan
duration

Selain di indo sendiri, H-1 visa juga bisa didapat di mexico dan canada dg
syarat yg sama, cuman musti pake appointment. dan stlh punya H-1 visa , utk
renew cukup dg melalui post/mail tanpa perlu keluar us lagi.

Jawaban #  6:

Untuk melamar H-1B di Indonesia cukup mudah.

Waktu itu yang diminta hanyalah paspor dan approval dari INS. Juga waktu itu
tinggal datang dan bayar, tidak usah interview. Tentu mereka juga tidak lupa
untuk memungut biayanya :)

Untuk amannya, mungkin sebaiknya membawa verification letter dari employer.
Tapi selain itu rasanya tidak usah bawa apa-apa lagi.

Jawaban # 7:

From: Abubakar Alatas <[EMAIL PROTECTED]>

Mungkin site Kedubes Amerika di Jakarta dapat membantu, bis di lihat di
bagian bawah ada masalah visa.
http://usembassy.state.gov/jakarta/

Kirim email ke