terimakasih,

> OK, mari kita coba seperti ini :
>
> % whoami
> root
> % su - mailman
> % /usr/sbin/postalias /usr/local/mailman/data/aliases

saya sudah jalankan perintah tsb dan tidak ada error

> Seharusnya TIDAK ada error disini :-)
>
> > "
> > Qrunnernya juga dah jalan :
> > 5782 ?        S      0:00 /usr/local/bin/python
> > /usr/local/mailman/bin/qrunner
>
> Ada log yang berkaitan dengan hal ini? misalnya log dari percobaan
> anda mengirim ke list ybs.

saya kirim ke list ybs didapat spt ini:

This is the Postfix program at host domainku.com.

below could not be delivered to one or more destinations.

delete your own text from the message returned below.

The Postfix program

[EMAIL PROTECTED]: unknown user: "namalist"