On Fri, Nov 14, 2003 at 02:28:29PM +0700, Asfihani wrote:
> Pak Adi bisa cerita sedikit nggak tentang rate-limiting daemon (anvil)
> di Postfix yang baru. Kalau yang saya baca-baca sedikit, ini bisa
> dibuat script untuk mentriger firewall jika ada yang (mencoba)
> mengabuse service smtpd, nah kenapa tidak langsung di level saja
> dibatasi, misalnya yang menuju ke port 25 maksimal sekian :-)

itu cuma membatasi jumlah koneksi, default separuh dari
default_process_limit per 60 detik (default). sehingga
bisa dipakai untuk mengurangi dampak mailbombing misal.

soal rule firewall, dilakukan dengan membaca log, kemudian,
misal nanti memicu iptables/ipchains. karena kalau dari
mekanisme postfix sendiri, hanya berakibat koneksi
diclose (menyebabkan tempfail -> diretry).

Salam,

P.Y. Adi Prasaja