Icuk Hertanto wrote:

> Saya newbie nih di bidang jaringan terutama tentang mail
> server....saya penasaran banget dengan email
> spam filter...saya tanya teman-teman...gimana sih arsitektur email
> spam filter itu...apakah dia(email spam filter)..mbaca database
> email(di mail server)terus di filter...atau sebelum masuk ke
database
> email di filter dulu...terus scriptingnya dimananya, pake compiler
> apa, rencananya sih saya mau mengaplikasikan "patern recognition" ke
> bidang jaringan untuk membaca email(memisahkan email spam dan bukan
> [...]

Saya kurang tahu persis nih apakah metode bayesian yang sering dipakai
untuk mengidikasikan email sebagai spam termasuk dalam pengenalan pola
(pattern recognition).

Mungkin link-link berikut bisa menjadi bacaan :

A plan for spam :
http://www.paulgraham.com/spam.html

Filter spam berdasarkan predefined rules:
http://spamassassin.apache.org/doc.html

Filter spam berdasarkan statistik:
http://www.nuclearelephant.com/projects/dspam/index.shtml

Greylisting: