>Yang ditampilkan oleh MUA (outlook, U!dora, etc) adalah header bukan
>envelope. Kalau anda lihat alamat pengirim di header apa juga salah? Oh
>iya alamat postfix-users-bounces[at]postfix.or.id itu ada dienvelope,
>digunakan oleh mailman untuk memparsing alamat email jika ada subscriber
>yang bounce.

Bung Asfik, MUA yg saya gunakan u/ menulis e-mail ini adalah Ms Outlook. Dan
memang di bagian internet header, from-nya berupa alamat e-mail sender yg
real. Jadi tdk salah. Hanya saja krn di Ms Outlook ini yg ditampilkan adalah
envelope, & e-mail2 dr milis lain yg saya terima dng format from (envelope)
yg wajar (dalam arti alamat sender yg valid), mk saya jadi bertanya2 apa
sebabnya kok yg saya terima envelope-nya bisa spt ini ? Tapi setelah Bung
Asfik menyinggung soal header, klo gitu tdk masalah buat saya. Just curious.

>Sorry kurang begitu tahu, tapi yang jelas mailing list ini diletakkan di
>salah satu server Cakraweb di gedung Elektrindo. Kalau ada waktu coba
>saya cek di log apakah ada gangguan mengirim ke domain anda.

I see. Lalu knp pd saat saya terima e-mail notifikasi dr Google Groups itu
baru kmd saya bisa lancar send & receive mail dr milis ini ya ? Apakah hanya
kebetulan yg tdk ada sangkut pautnya ? Ah, anggap saja pertanyaan saya itu
retorika. Maaf Bung Asfik. Saya jadi bertanya yg bukan2.  Terima kasih
sebelum & sesudahnya, Bung Asfik.

Salam,
Eric Gunadi