njs2004 wrote:

Makasih pak infonya..
1. Btw, kalau email tersebut masih di MTA kita (postfix) gimana cara melihat
id message tersebut sehingga penghapusan bisa dilakukan hanya terhadap email
tersebut..?
dengan peritnah postsuper -d QUEUEID, dimana QUEUEID bisa didapat dari perintah mailq

2. Gimana cara mencegah agar user tidak bisa mengirim/menerima attachment
gambar porno (jpg, 3gp) karena selama ini traffic mail server saya penuh
dengan email2 semacam itu. Teknisnya yang saya inginkan adalah ketika user
mengirim/menerima email with attachment gambar porno langsung direject oleh
mail server.
Pakai mime_header_checks, di main.cf:
mime_header_checks = regexp:/etc/postfix/mime_header_checks.regexp

/etc/postfix/mime_header_checks.regexp (dalam satu baris):

/^\s*Content-(Disposition|Type).*name\s*=\s*"?(.+\.(jpg|3gp))"?\s*$/  REJECT Attachment type not
allowed. File "$2" has the unacceptable extension "$3"

Asfihani