On Mon, Mar 20, 2006 at 11:47:12AM +0700, Chris Bianco wrote:
> Mas Yudi dan postfix'er, pertanyaan saya ada dibawah :
>

> Dengan asumsi setting diatas,
> Bagaimana jika kasusnya seperti di tempat saya.
>
> Dalam domain abc.com terdiri dari beberapa cabang.
> misal :
> [EMAIL PROTECTED],  [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED] ada di cabang Cirebon
> [EMAIL PROTECTED],  [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED] ada di cabang
> Sukabumi
> [EMAIL PROTECTED],  [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED] ada di cabang Bogor
>
> masing - masing cabang dibuat postfix dan fectmail dengan koneksi dial up.
> [...]

Sebenarnya email ini saya balas setelah anda memperoleh petunjuk dr
Mas Asfik (see:
http://www.geocities.com/adilinux/internal_routing_delivery.html),
ini saya beri alternatif lain, yakni memakai virtual.

[EMAIL PROTECTED] postfix]# pwd
/etc/postfix
[EMAIL PROTECTED] postfix]# grep virtual main.cf
virtual_maps = hash:/etc/postfix/virtual

Setup file /etc/postfix/virtual untuk masing2 cabang:

Cirebon:
--------
  [EMAIL PROTECTED]             user1
  [EMAIL PROTECTED]             user2
  [EMAIL PROTECTED]             user3

Sukabumi:
---------
  [EMAIL PROTECTED]             user4
  [EMAIL PROTECTED]             user5
  [EMAIL PROTECTED]             user6

Bogor:
---------
  [EMAIL PROTECTED]             user7
  [EMAIL PROTECTED]             user8
  [EMAIL PROTECTED]             user9

User-user 1 dst adalah user local, yaitu dicreate dg adduser.
Mesin mail server harus mempunyai domain selain abc.com, misalnya abc.org.

[EMAIL PROTECTED] postfix]# hostname
server.abc.org

Enaknya dg cara begini, anda cukup install 1 mesin mail server, kemudian
diclone, lantas serahkan sendiri ke admin masing2 cabang untuk create
user dan setup file virtualnya postfix.

Jika anda memakai squirrelmail, maka buat domain abc.com sebagai Domain
default (Server Settings -> General -> Domain). Untuk konfigurasi MUA
seperti Outlook dsb, seting email account spt biasa.

Salam,

~yudi