Hai milisers,

Di sini sudah ada koneksi internet online 24jam (warnet).
Saya sudah setup mail server pakai postfix dan sudah running well.
IP server memakai ip astinet telkom, waktu coba2 kirim email,
ada yg  bisa masuk seperti ke domain linux.or.id, telkom.net,
tapi ada juga yg masuk ke folder bulk (yahoo) atau junk (hotmail).

Menurut rekan2 bagaimana caranya agar kiriman email dr server
tidak dikategorikan sbg junk/bulk ? Jangan disuruh agar minta
pendelegasian ip address dr telkom ke kami, soalnya koneksi kami
ke internet ini melalui sebuah isp dan cuma dapat 1 ip public.
Saya dulu pernah lihat situs yg ada gambar/logo ayam jago (?),
di situ kita bisa masukkan ip address apakah ip-nya masuk
spam list atau bukan. Saya lupa alamat url-nya, ada yg tahu ?

Kemudian saya pernah baca2 sekilas ttg SPF, apakah bisa menggunakan
cara ini? Kalau boleh tahu intinya SPF itu apa sih ?

Sementara ini untuk kirim email keluar masih memakai smtp gateway
atau mail relayer.

--

Terimakasih sebelumnya dan sesudahnya.

Salam,