Donny Christiaan wrote:
> Dear All,
>
> Saya sudah berhasil setting RESTRICTION_CLASS seperti Mas Arief dibawah
> ini .. dan sudah berjalan sesuai harapan ..  Nah ada maslaha lagi nih :)
> saya kan pake Thunderbird .. kl saya tambah Indentity .. misal
> From: [EMAIL PROTECTED] ... trus saya kirim email via SMTP tersebut
> ... kan tetap bisa kirim email keluar ..
>
> jadi maksud saya .. gimana membantasi domain yg boleh dipake utk kirim
> email keluar ... jadi misal
>
> @domainsaya.com
> @domainkami.com

> [...]
Gimana kalau pakai
smtpd_recipient_restrictions =
    check_client_access hash:/etc/postfix/clients
    check_sender_access hash:/etc/postfix/restricted_senders

/etc/postfix/clients
192.168.1.0/24   local_only

sisanya sama.

Logikanya, jika ada yang pakai domain @gmail.com dari dalam, maka akan
direject karena yang akan match hanya email keluar dr IP 192.168.0.0/24
dan domain local.org yang akan bisa kirim, yang lainnya akan direject.
Tapi ada kelemahan sih, jika ada yang kirim email dari luar menggunakan
domain local.org pakai roaming dial misalnya, maka akan kena reject juga.

CMIIW :)

--
- Cygnus -