Dear all,
Selama ini saya menggunakan postfix sebagai mail server baik di head office (HO) maupun di semua kantor cabang. Menerapkan ilmu yang dari sini : http://www.geocities.com/adilinux/internal_routing_delivery.html (thanks pak adi) Tapi saya tidak menggunakan cononical dan sebagai gantinya saya menggunakan /etc/postfix/virtual untuk mapping account local ke account server jakarta. Dijakarta karena menggunakan postfix + mysql maka semua account email yang usernya ada di kantor cabang, saya petakan melalui table alias.
Contoh :
address                 goto
[EMAIL PROTECTED]      [EMAIL PROTECTED]
[EMAIL PROTECTED]       [EMAIL PROTECTED]
[EMAIL PROTECTED]      [EMAIL PROTECTED]
dan seterusnya.

Pertanyaannya :
jika saya ada di jakarta ([EMAIL PROTECTED] kirim email ke sebuah kantor cabang dengan beberapa recipient sekaligus ([EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED]) dengan besar email 1MB. Berapakah bandwidth yang terpakai? Hanya 1MB atau 1MB x jumlah recipient ???

Mohon informasinya

Terima kasih

Regards