salam

> dari gambaran seperti diatas, apakah saya bisa dibantu 'ilmu' mengenai
> konfigurasi seperti yang saya 'impikan' yaitu memberdayakan ubuntu ini
> sebagai lokal mailserver, yang kedepannya akan saya ajukan untuk full
> menjadi sebuah emial server tanpa harus menyewa lagi.

menurut saya, Jika sudah menggunakan domain sendiri, lebih mudah menggunakan
opsi ini daripada Anda harus menyewa space untuk email. Saran saya, komputer
yang Anda gunakan sebagai gateway, sekalian saja Anda jadikan router, sedangkan
komputer yang gunakan untuk mailserver lokal untuk menyedot email dari hosting
anda, jadikan saja mail server utama.

Jika anda mau melakukan ini, anda tinggal setting iptables untuk forward traffic
smtp/imap/pop3/https(jika mo bikin webmail) ke mailserver anda di komputer yang
anda jadikan router. Di DNS, arahkan mailserver ke ip anda. Lebih mudah.

wassalam

ic

--
Imam Cartealy