On Mon, Feb 01, 2010 at 01:36:35PM +0700, as...@its.ac.id wrote:

> Jika menggunakan Postfix 2.5 keatas bisa ditambahkan :
>
> yahoo_destination_rate_delay = 5s
>
> Lima detik ini waktu jeda untuk setiap pengiriman email ke tujuan yang sama
> (nama penerima atau domain).
>
> Tambahan domain-domain Yahoo yang lain (menurut pengamatan saya di smtp
> bohong2an disini) adalah:
>
> yahoo.com.sg
> ymail.com

Bukan itu saja, setiap kali kirim email ke yahoo mesti deffered.
Dan pesen deffer-nya itu lho:

$ mailq

-Queue ID- --Size-- ----Arrival Time---- -Sender/Recipient-------
B10A440A6B      560 Mon Feb  1 06:41:38  awarm...@jember.net
(host h.mx.mail.yahoo.com[66.94.236.34] refused to talk to me: 421 4.7.0 [TS02]
Messages from 119.235.xx.xxx temporarily deferred due to user complaints -
4.16.56.1; see http://postmaster.yahoo.com/421-ts02.html)
                                         awarm...@yahoo.com
-- 0 Kbytes in 1 Request.

Saya sudah baca2 url yang ditunjukkan di atas, sudah kirim email ke yahoo u/
diperhatikan, tapi sudah lewat 24x1 jam belum ada efek. Dan sepengetahuan
melihat isi log sejak server ini up, tidak ada trafik email ke yahoo yang
berlebihan.

Untuk sementara pengiriman email ke domain yahoo.com dialihkan ke transport
lain (baca nunut relay).

--
Arief Yudhawarman
http://awarmanf.wordpress.com