2010/11/10 adi <a...@postpi.com>:

> menang lebih baik pakai lmtp. cara membuktikan apakah setting
> sudah benar atau tidak, ya kirim mail saja. terus di-imap atau
> di-pop. kalau masuk ya berarti sudah benar :-)

terima kasih buat tanggapannya pak Adi,

kalau saya test pengiriman ke lokal memang berhasil tidak ada error.

Nov 10 16:24:05 corporate-e postfix/local[26594]: 7E2C3141AFF2:
to=<test.test....@corporate-e.xxxxxx.net.id>, orig_to=<t...@test.net>,
relay=local, delay=0.1, delays=0.03/0/0/0.07, dsn=2.0.0, status=sent
(delivered to maildir)

tapi bukankah aneh ketika dovecot dimatikan tetapi pengiriman email
lokal menggunakan transport dovecot lmtp ini masih jalan?

mungkinkah ada penjelasannya ?  :)

--
http://blog.rizahnst.org