#Dari milis FLP Pusat, hehehe.....tetangga sebelah dan sebelahnya...
From:  "Sholichah Kusuma"
Subject:  Halal haram dalam musibah Aceh

Assalamu'alaikum wr. wb,
Tambahan kisah yang menyentuh hati kami.. (diceritakan oleh Ayah saya)
Pada hari ketiga musibah, Ayah saya bersama Ustadz Raihan (yang anak sulungnya masih hilang bersama rekan-rekan pesantrennya kalau tidak salah), ke tempat reruntuhan rumah beliau.

Saat itu masyarakat yang selamat sudah mulai kehabisan air bersih dan makanan. Mereka melihat banyak yang mengais pinggir-pinggir jalan mencari sisa makanan yang masih bisa dimakan seperti biskuit, makanan kalengan atau air mineral dan minuman ringan.

Ada seorang wanita menemukan sekaleng minuman ringan yang kemudian dicucinya d icomberan supaya lumpurnya hilang.
Begitu melihat ustadz Raihan, dia mendekati dan bertanya, "Ustadz, halalkah kalau saya minum minuman yang saya ambil dijalan ini?"

Tentu saja pertanyaan tersebut membuat orang yang mendengarnya sangat terharu. Disaat yang sangat menyulitkan, sudah dua hari dia tidak makan, masih bisa wanita itu menggunakan furqon (pembeda)-nya antara halal dan haram.
Subhanallah. Saya berdo'a semoga kita semua diberi kemampuan seperti itu dalam segala keadaan yang menimpa kita. Akhirnya dijawab oleh ustadz Raihan, halal kalau diminum sendiri, namun tak boleh untuk dijual. Baru wanita itu meminumnya.

Mudah-mudahan menjadi cerminan untuk kita menilai halal haram makanan atau minuman yang masuk dalam tubuh kita. Karena sekali ada barang haram yang masuk ke tubuh kita, segala ibadah tidak diterima dan akan dipertanggungjawabkan di akhirat nanti, Na'udzubillah min Dzalik!
Amin

Wassalam,
Sholichah, yang turut berduka namun belum bisa berbuat apa-apa

F a c h i m
SC&SS - JNU
Address :
53 Sabarmati Hostel, Jawaharlal Nehru University
New Delhi - INDIA 110067
Mobile : +919871149961

Allah tidak merubah keadaan suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang bersikeras untuk merubahnya.