Assalamaualaikum,
Wah pak suhadi, sepertinya benar yang bapak bilang, ppi aktivitasnya
hanya datengin makan bersama aja. Wah, kok waktunya berbarengan
sama "fresher party" di kampus saya, hehehe…saya jd bingung milihnya
padahal saya udah janji sama teman2 mo organize itu, tapi insyaAllah
saya dateng koq, dan kalo nggak bukan berarti saya lebih seneng di
kampus karna junior saya perlu lebih sedikit perhatian, apalg yg
cewek2 ehm, ehm,…klo bisa dikurangin ya berburuk sangka, dewasa lah
dikit kawan2. ;-p

Sepertinya menarik klo dr. Mario dan Rizqon juga dateng hehehe.. ada
pengalaman menarik ketika pertama kali saya ikut yang namanya rapat
temus yang selalu jadi masalah dan sensitive karena berhubungan
dengan duit itu. Saya jadi ngerasa aneh, ternyata seperti ini yang
namanya rapat temus, pada ngomong sendiri2 dan setiap kali dibacakan
kategori peserta temus nggak ada yang mau diem, ngomong tanpa minta
bicara dulu.

Dan anehnya jg, dari sekian peserta rapat, rata2 membawa ego dan
kepentingannya sendiri2 nggak peduli klo kita lg mau ngebahas
seperti apa prioritas dari sekian kategori yang ada hingga bisa
diambil point dari skala prioritas dalam penseleksian tersebut.

Apa mungkin dari sekian anggota yang katanya udah studi jenjang
DOCTOR tapi tetap nggak ngerti jg ato sengaja membuat runyam
permasalahan dengan menampilkan bahasa keren seperti "in case…ini,
itu dan case2 lainnya. Saya jadi ragu klo mereka pernah melakukan
penelitian ato studi kasus tentunya mereka blajar statistics dasar,
saya rasa setiap anggota pernah studi di SMU dan pastinya
dipelajarin tuh di statistik / matematika. Ato emang betul klo
semakin banyak yang engkau tau (studi formal sampe tua) semakin
engkau tidak tau?

Lucunya, ada anggota yang rajin berbicara walopun yang diomongin
nggak nyelesain masalah, berputar2 dengan pola berfikir yang
kekanak2an dan terlalu subjective dan berlindung dengan pengalaman2
masa lalu yang ktnya begini lah, begitu lah tapi salah lg, apa karna
dah lama di ppi? tapi klo dilihat dari gerak-geriknya sih cuma mau
cari perhatian cewek2 yang baru itu hehehehe…udah lah ngaku aja,
keliatan koq hahahaha….klo soal gtuan sepertinya kita2 ini lebih
banyak pengalaman, jadi udah lah ngaku aja.

Ada lg yang sepertinya terlalu bangga dengan studinya kali ya
ngomong ngalor ngidul, ngomongnya tinggiii banget dan tetep aja
ketinggian, kagak nyampe dan nggak nyelesain masalah, so what? (Kita
sepertinya nggak butuh omongan itu, cukup di milis aja, toh klo kita
nggak butuh juga nggak akan dibaca ato di delete). Hey, ntar klo
jatuh sakiiiitt… Malahan kita bosen dengernya, dan wasting time aja.

Menariknya, ketika diantara teman2 baru, baru masuk studi BA ato MA
ya? bisa memunculkan ide2 yang mudah dan kelihatannya muncul dari
kejernihan berfikir, tanpa membawa kepentingan pribadi dan
kepentingan orang lain (ato ada kong kalikong, hehehe…seperti halnya
teman itu tuh yang ngakunya punya kelebihan, tapi kelebihannya cuma
bisa main bola, dan sisanya kekurangan mlulu, gayanya kampungan,
norak lg ih hehehehe….)

Ada yang saya rasa sangat menggelikan untuk dibicarakan, namun buat
calon berikutnya jangan sampe seperti itu ya.. iya, ketika mereka
yang mempermasalahkan soal pemberian uang 100 $US, lucunya dia
sendiri yang ngomong, hasil temus rata2 $1600, trus dipotong tiket,
kita cuma dapet 900, klo dipotong buat ppi 100, kita keberatan, kan
ppi punya student agent, dan afiliasi jadi nggak begitu perlu dana,
lucunya dia sebelum rapat dimulai udah makan duluan hidangan lezat
buatan kak Nita yang gratis lg dari ppi. Hehehehe…apa ini merupakan
cerminan jiwa yang kere alias miskin apa emang nggak punya duit?
Ngaku aja deh…. Teman2, kita bisa ikut temus aja udah untung, temen2
di Eropa nggak ada yang bisa ginian, modal bisa pinjam, bisa hajji
dan dapet duit lg. Klo mo cari duit, jangan dari temus, dagang kek
kayak Sodagar kita itu, ato kerja yang lebih prospek atuh! dan
mestinya bertrimakasih sama ppi dan terlebih sama dembassy dan
depak. 100 $ itu cuma 6.3%, bayangkan kita makan di Pizza Hut ato Mc
Donald aja taxnya 10%, coba protes sana! Koq nggak mikir ya, makan
tidur di ppi, pake fasilitas ppi dan sebagainya. Saya jadi ragu,
orang ini bayar zakat nggak ya? Cuma 2.5% per tahun, ato jangan2
makan zakat orang? Btw, pernah bayar iuran anggota? Klo bisa sih ke
PPI itu ngasihnya $200 ato 300 jadi pengurus nggak kebingungan tuk
cari dana buat menghidupi organisasi dari tahun ke tahun, untung aja
kita masih punya bapak2 yang mau menyisakan penghasilannya ke ppi.
jangan2 ntar klo jadi alumni malah nyusahin, bukan mensupport ppi,
huh!

Wah kebanyakan nih, sebetulnya perkara temus ini hal yang kecil,
jangan sampe kita hanya mengedepankan ego dan segalanya yang
bersifat kekanak2an. Mestinya kita tunjukkan kedewasaan berfikir
kita. Saya bukannya kecewa, tapi saya senang dengan tradisi PPI yang
mengedepankan akhlak dan intelektualitas ini dan nggak suka dikotori
dengan perilaku2 yang memalukan, semoga bermanfaat dan maaf klo
tersinggung, saya nggak mengada2.

regards,

fachim

--- In ppi-india@yahoogroups.com, suhadi salam <[EMAIL PROTECTED]>