From: Renar Berandi <renar...@yahoo.com>
Subject: Re: [PPIBelgia] Fwd: [indoem] {need info} SKKB utk apply visa Belgia
To: PPIBelgia@yahoogroups.com, ind...@yahoogroups.com
Date: Wednesday, May 13, 2009, 2:13 AM

      Dear M Fatikul,
Kalau sudah mendapat ijin tinggal di Portugal, saya rasa tidak perlu mengurus
visa dari Kedubes Belgia. Kalau memang visa habis, dan ijin tinggal tidak
punya, maka dari itu harus mengurus visa kembali.
Yang memberatkan memang untuk mendapatkan surat kelakukan baik dari polisi di
negara-negara di mana kita tinggal sebelumnya. Pengalaman saya waktu di
Indonesia mengurus visa, saya sudah pernah tinggal di negara lain dan
diharuskan untuk melampirkan SKKB tapi sama seperti Fatikul, hal itu susah dan
hampir tidak mungkin. Alhasil, saya cuma melampirkan semua dokumen
selengkap-lengkapny a tanpa SKKB dari negara lain dan melampirkan surat pribadi
ke Konsuler Kedubes Belgia di Indonesia. Mereka mengatakan bahwa permohonan
visa bisa saja dikabulkan tapi harus memakan waktu lebih lama
 karena katanya mereka berkonsultasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri
Belgia di Belgia-nya langsung. Yang penting lakukan semaksimal mungkin yang
kita bisa lakukan dan alokasikan waktu cukup banyak untuk mengurus hal
tersebut.
Tapi, ketika sudah lama berada di Portugal, seharusnya sudah mempunyai ijin
tinggal yang bisa dipakai untuk jalan ke luar Portugal dalam batas Schengen!
Logikanya untuk masa satu semester di Belgia (paling 4-5bulan), dengan ijin
tinggal saja sudah bisa. Meskipun idealnya, begitu sampai di Belgia, kita
disarankan mengurus ijin tinggal lokal.

Sekian dari saya dan semoga membantu, Teman

Renar
Uppsala University