givingnewhope <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Salam balik suz widya nan cantik,

Saya belum sempat membaca prinsip2 prout (malahan baru denger), jadi
maklum aja kalo salah nangkep maksud suz.

Oke, kembali ke pokok permasalahan kita.

Jadi maksudnya kira-kira begini:
Semua orang bekerja untuk sebuah badan (entah dalam scub state
ataupun koperasi), kemudian badan yang bersangkutan akan
mendistribusikan profit (baca: kelebihan) tersebut ke anggotanya
dengan catatan mencukupi kebutuhan dasar anggota. Bila ada kelebihan,
maka kelebihan itu akan didistribusikan seturut dengan kontribusi
yang diberikan.
Yach mirip2 dengan prinsip KUD di Indonesia lah.

Cuma yang menjadi pertanyaannya: Apa yang menjadi batasan 'kontribusi
yang diberikan'?! Tentunya (mungkin) suz akan berkata: "Itu bisa
berupa level edukasi anggota".
Oke, katakanlah dalam sebuah koperasi nelayan seorang anggota yang
terdidik akan dialihkan untuk menjadi pengurus/manager sedangkan yang
kurang terdidik akan menjadi nelayan. Lalu (menurut suz) siapakah
yang akan mendapatkan insentif yang paling besar tentunya berdasarkan
prinsip no.9 yaitu nilai sosial dan produktivitas?

PS: Mungkin dalam scub yang kecil faktor ini bisa diabaikan, namun
(saya yakin seyakin-yakinnya) faktor ini akan sangat dominan bila
badan usaha tersebut berkembang pesat sejalan dengan semakin
kompleksnya kebutuhan dan jumlah konsumen.

Tentunya berdasarkan nilai soial maka jawabannya adalah manager.
Tapi, hey suz jangan lupa, penyakit manusia lainnya adalah nafsu
ingin menguasai dan mendapat pengakuan disamping tamak dan irihati.
Alhasil muncul masalah baru: Jika semua orang ingin menjadi manager
(persis mentalitas ala indonesia yaitu kerja 'enteng' gaji gede) lalu
siapa yang akan menjadi nelayan? Mungkin ini juga salah satu sebab
kenapa koperasi di Indonesia (at least di kampung saya) tidak maju-
maju dan stagnan pada level tertentu.

Bagaimana, suz?

salam,
giving

--- In ppiindia@yahoogroups.com, "widyapati" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> salam

dari
--CUT--

SUDAH TIBA SAATNYA SEKARANG !!!
Bagi anda yang ragu untuk memulai bisnis online anda, mencoba menjangkau pasar
dunia, mencoba memperluas jaringan promosi anda melalui internet karena
berbagai pertimbangan klasik seperti Biaya hosting, maintenance, web design dan
nilai ekonomis, sekarang tidak lagi !!!
Bersama kami anda akan menemukan kemudahan berbisnis online sekaligus
menciptakan mesin passive income.

Kunjungi Juga website kami di www.globalbisnis.tk  atau www.globalbisnis.cjb.net

http://us.click.yahoo.com/O.5XsA/8WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM