mungkin dibawah ada jawabannya:

salam,

Kisah  Bohong dari Virginia

Komplotan WNI pemalsu dokumen imigrasi terbongkar di Amerika Serikat.
Kliennya diajari berbohong untuk mendapatkan suaka politik.

"...Tiba-tiba sopir taksi itu menghentikan kendaraannya. Dengan cepat ia
turun dan membuka pintu belakang, lalu duduk di samping saya sambil
mengacungkan belati. Saya memohon padanya agar tidak membunuh saya, lalu
saya tawarkan barang berharga yang saya bawa. Ia segera merebut dompet dan
menguras isinya. Ia lalu menarik saya keluar mobil. Saya baru menyadari
bahwa saya berada di dekat sawah. Suasana sepi sekali..."

"...Lelaki itu  lalu mendorong saya hingga jatuh. Dia mulai menciumi saya,
kemudian kesetanan. Terjadilah peristiwa itu. Saya menangis. Tapi dia malah
menampari wajah saya dan mengancam akan membunuh saya..."

Kisah itu bukan penggalan dari novel murahan. Pengakuan tersebut meluncur
dari mulut seorang perempuan asal Indonesia yang mengajukan permohonan
suaka politik ke Amerika Serikat. "Dia  mengaku diperkosa di Jakarta karena
keturunan Cina," kata Dean McDonald, agen spesial dari Biro Imigrasi dan
Bea Cukai Kepabeanan di Virginia, Amerika Serikat.

Semula pemerintah Amerika Serikat percaya begitu saja, dan ia pun diberi
suaka politik. Sebanyak 13 perempuan lain yang memiliki kisah serupa pun
mengajukan suaka pada 31 Oktober 2000 hingga 6 Januari 2002. Semuanya
dikabulkan. Namun, belakangan pihak keimigrasian curiga. Bukan hanya ada
pola cerita yang mirip, terdapat pula kesamaan alamat dan asal pemohon
suaka, dan kesamaan kantor pengajuan permohonan. Selain itu, ujar McDonald,
"Kami juga menemukan berbagai kasus pemalsuan dokumen imigrasi."

Sesudah menyelidiki selama dua tahun, akhirnya pada Senin, 22 November
lalu,  satuan tugas rahasia pemerintah Amerika Serikat menggelar
penggerebekan  bersandi Operation Jakarta. Sejumlah anggota sindikat
pemalsu dokumen suaka digerebek serentak di lebih dari 10 negara bagian di
Amerika Serikat.

Hasilnya? Dari 26 orang tersangka yang diincar, 16 orang tertangkap, lalu
diangkut ke Pusat Penahanan Dewasa di Fairfax, Virginia, sebuah penjara
berlantai delapan dengan kapasitas 45 ribu tahanan, untuk  menunggu proses
hukum dan vonis hakim. "Pemimpin sindikatnya adalah Hans Gouw  (53 tahun),
warga negara Indonesia yang dikabulkan permohonan suakanya pada 1999," kata
jaksa penuntut wilayah Virginia, Paul J. McNulty, yang menangani kasus ini.

Sebagian besar pelaku memang berasal dari Indonesia. Dari 26 tersangka, 23
di antaranya WNI, sisanya dua orang warga negara Amerika Serikat dan
seorang warga Australia. Saat ini, tiga tersangka telah menjadi tahanan
luar dan wajib lapor dengan uang jaminan US$ 50 ribu (sekitar Rp 450
juta)  per orang. Namun, 10 orang kaki tangan Hans Gouw masih dalam
pengejaran. Para buron diperkirakan berada di luar Virginia.

Semua tersangka dikenai tuduhan sama: memalsukan dokumen suaka dan
berkonspirasi dalam pemalsuan dokumen. "Saya sudah menyiapkan tuntutan
setebal 198 halaman untuk diajukan ke Pengadilan Distrik Alexandria,
Virginia, pekan ini juga," kata McNulty. Uniknya, dari 26 orang tersangka
itu, 11 orang telah mendapatkan suaka politik di Amerika Serikat.

Menurut McNulty, komplotan ini menjalankan usaha gelap mereka dengan
mendirikan empat perusahaan di bagian Utara Virginia. Tiga perusahaan
berada di wilayah Fairfax County, dan satu lagi di Prince William County.
Empat perusahaan itu adalah Komunitas Cina Indonesia Amerika di Fairfax
Station, Pusat Penempatan Asia-Amerika di Springfield, Kumala Nusantara di
Burke, dan Pusat Komunitas Cina Indonesia Pribumi di Manassas.

Umumnya perusahaan-perusahaan itu membantu menyiapkan dokumen untuk
mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Izin Belajar Mengemudi, dan
Kartu Tanda Penduduk dari Negara Bagian Virginia. Mereka pun menarik minat
klien dengan memasang iklan di Indonesian Journal dan Indonesian Media, dua
majalah komunitas Indonesia yang terbit di California. Klien mereka berasal
dari berbagai tempat, termasuk Hawaii, serta melibatkan imigran di 18
negara bagian di Amerika.

Awalnya, keempat perusahaan itu hanya membantu menyediakan dokumen palsu
untuk mengurus SIM dan KTP. Lama-lama, dengan memalsukan izin kerja dan
nomor jaminan sosial, mereka juga melayani pengurusan suaka politik.
Mereka menyiapkan skenario pengakuan bohong seperti diperkosa atau dianiaya
dalam kerusuhan etnis dan agama. Kebetulan, pada Mei 1998, di Jakarta
pernah terjadi huru-hara. Hanya, yang mencurigakan, kata Jaksa McNulty,
"Cerita tentang penyiksaan itu sangat seragam. Para pelamar menghafalkan
kata demi kata secara persis seperti yang diajarkan."  Mereka juga diajari
menangis dan memohon secara emosional untuk mengundang simpati petugas.

Seorang WNI asal Medan, sebut saja Lily Lukman, bercerita tentang proses
pengajuan suakanya. Ia dan suaminya datang ke Amerika pada 1998 dengan visa
turis. Setelah visa habis, mereka tetap tinggal di sana dengan status
ilegal. Saat itulah mereka bertemu Gouw dan ditawari untuk melamar suaka
dengan ongkos US$ 2.000 (sekitar Rp 18 juta). Dia pun dilatih berbohong
kepada petugas imigrasi. "Kepada petugas saya cerita bahwa saya WNI
keturunan Cina, beragama Kristen dan hidup saya di Indonesia terancam. Saya
katakan rumah saya sudah ditandai untuk dibakar," katanya.

Belakangan, masalah mulai timbul ketika beberapa pengaduan mulai
berdatangan ke imigrasi. Sejumlah warga Indonesia yang gagal mendapatkan
suaka mengadukan sepak terjang Hans Gouw ke kantor imigrasi dan
mempertanyakan kekristenan para pemohon karena menyalahgunakan dokumen
surat baptis. Mereka juga keberatan dengan sebutan Cina Indonesia yang
biasa dipakai Hans. Aparat pun menginterogasi beberapa orang yang memiliki
dokumen palsu itu.

Protes itulah yang membuat sindikat  Hans Gouw terbongkar. Akhirnya,
Hans   dan istrinya, Isnayanti Gouw, 35 tahun, diangkut petugas bersama
lebih dari 10 peti dokumen berikut komputer dari rumahnya. Saudara-saudara
perempuan Hans, yakni Jenny Gandasaputra, 51 tahun, dan suaminya, Herman
Tanudjaja (59), Megawati Gandasaputra (46) dan suaminya, Michael Wright
(43), serta seorang pengacara berkebangsaan Amerika, juga diciduk di rumah
masing-masing.

Para tersangka ini dibidik beberapa pasal US Code (kodifikasi hukum Amerika
Serikat). Pertama, seksi 1546, tentang pemalsuan Imigrasi, dengan
ancaman   hukuman penjara dan deportasi. Kedua, seksi 371, tentang
konspirasi pemalsuan dokumen suaka politik. Mereka yang terlibat kejahatan
ini diancam hukuman lima tahun penjara dan dideportasi.

Orang-orang yang menjadi klien sindikat Hans Gouw pun tak bisa lenggang
kangkung. Mereka juga bisa terjerat pasal yang sama. Apalagi, pihak
Imigrasi sudah berjanji akan mengkaji ulang klien yang sudah mendapatkan
suaka.  "Kalau mereka terbukti terlibat dalam pemalsuan imigrasi, suaka
mereka bisa dicabut, dipenjara, dan dideportasi," kata pengacara Imigrasi
asal Indonesia, Lia Suntoso, kepada Tempo.

Duta Besar RI di Washington, Soemadi D.M. Brotodiningrat, mengaku
diuntungkan dengan terungkapnya jaringan sindikat pemalsu dokumen itu.
Sebab, selain korbannya warga Indonesia, praktek sindikat itu telah
mencemarkan nama baik Indonesia dengan membuat cerita bohong saat meminta
suaka. "Sebenarnya kami sudah lama meminta pemerintah Amerika untuk tidak
langsung percaya terhadap permintaan suaka seperti itu," ujarnya.

Akibat ulah sindikat Hans,  McNulty memperkirakan ada 1.900 SIM berdokumen
palsu yang beredar. Hans pun mengakui telah membantu mengajukan lebih dari
3.000 aplikasi suaka warga Indonesia di Amerika. Menurut seorang sumber
Tempo di FBI, jika kepalsuan dokumen yang dibuat komplotan itu dapat
dibuktikan, bisa jadi status suaka yang sudah diberikan akan dicabut dan
dibatalkan.

Jika hal itu yang terjadi, diperkirakan akan terjadi deportasi secara
besar-besaran ke Indonesia. Apalagi, tak lama lagi aparat akan digelar
operasi gelombang kedua. Operasi ini untuk menjerat para pelaku yang masih
buron dan para klien sindikat Hans.

Karena itulah, kini Lily sangat cemas. Saat ini lamaran suakanya masih
dalam proses. Tapi anehnya dia sudah mendapatkan paspor Amerika. Ketika
keaslian paspornya ditanyakan kepada Hans Gouw, lelaki itu hanya
menyarankan agar dia tidak pulang ke Indonesia karena akan sulit balik lagi
ke Amerika. Setelah  sindikat Hans terbongkar, ia tak tahu lagi harus
berbuat apa. "Saya pasrah saja. Kalau harus dideportasi, ya saya terima,"
ujarnya.

Hanibal W.Y. Wijayanta, Vicky Sidjabat, dan Supriyono (Amerika Serikat)
(Majalah TEMPO, 27 November 2004)

'Thanks & Giving.'
http://us.click.yahoo.com/mGEjbB/5WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM