INI BARU MENARIK.. liat deh link ini
http://kompas.com/kompas-cetak/0505/02/tekno/1724091.htm. Knpa saya sarankan
ada buka link tsb, krn saya "terinspirasi" oleh satus yahoo messenger salah
seorang rekan milis saya (
http://bennychandra.com/2005/05/03/cara-kompas-menghadapi-kritik/)

 Okay, klo liat dari judul sih - "Tendangan Milis" - dan isinya bikin saya
cuma bisa senyum2 geli. Gak nyangka deh, koran sebesar Kompas bisa2nya nulis
artikel sedemikian rupa dan mnrt saya gak objektif banget. Yah saya mahfum,
klo artikel tsb mungkin untuk mengcounter tulisan di milis ITB (
http://www.mail-archive.com/itb@itb.ac.id/msg47301.html) yg kemudian di blow
up oleh detik.com <http://detik.com>. Tapiii.. apa kah harus sedemikian rupa
Kompas mengcounternya? Kok jadi keliatan ky "anak kecil" yahh.. ga elegan gt
"ngebales" tulisan di milis itu. Mulai dari Alenia pertama -- yg src tidak
lgs melabelkan para peserta milis tsb adalah monyet -- alenia ke dua,
ketiga, keempat.. dst.. sampai alenia terakhir.. whuihihiii.. klo boleh saya
berpendapat: gak kompeten banget artikel tersebut. PLUS, KNPA TIDAK
DICATUMKAN NAMA PENULIS ARTIKEL TERSEBUT?!

<kutip>
SEMUA orang bisa menjadi monyet di jaringan internet, menjadi pepatah yang
menggambarkan betapa kemajuan teknologi komunikasi informasi ini menjadi
sangat rawan dalam diseminasi informasi. Apalagi untuk Indonesia, di tengah
pertumbuhan jaringan internet yang pesat dan suasana demokrasi yang meriah,
apa saja bisa terjadi.

Apalagi, milis sering kali ditulis oleh orang-orang yang merahasiakan
identitas dirinya dengan berbagai tujuan, yang hanya diketahui oleh penulis
anonim tersebut. Ketika penulis milis ini anonim, segera saja ia menjadi
monyet yang dengan nakalnya mempermainkan orang-orang.
</kutip>

SKRG SIAPA YG MONYET ?!
Apa Kompas ga nyadar yah klo FPK ini milis juga looh.. Tnyata kita yg gabung
disni berpeluang jadi monyet! ckckckckck.. Jujur saya agak tersinggung atas
tulisan di Kompas tersebut. Jgn men-judge milis secara sepihak. Apalagi anda
memakai istilah monyet untuk orang2 yg tidak mencantumkan identitas aslinya.
Duhh..ironis sekali sm keberadaan milis FPK ini. Betapa dulu siapa saya bisa
daftar dan otomatis jadi member dalam milis ini, TAPI coba liat deh, dg
artikel sedemikan rupa, mementahkan arti media mailing list itu sendiri.
Seolah2 mailing list cuma tempat nge-flame, nge-junk dan cuma tempat
nge-thread doang?! My God, picik bgt!

Yg lebih bikin saya mengerenyitkan alis adalah kutipan di bawah ini (dari
artikel tsb):

MASALAHNYA, milis yang seharusnya bersifat internal sering kali "ditendang"
ke luar kelompoknya. Istilah kerennya forward. Tidak menjadi masalah memang,
tetapi akan "mencurigakan" kalau milis yang ditendang ini menyangkut nama
orang dan perilakunya.

Apalagi, milis yang "ditendang" ini "terkirim" ke sebuah institusi seperti
harian ini. Permasalahannya pun menjadi berbeda karena ada aturan-aturan dan
nilai-nilai yang dianut sebuah institusi yang berbeda dengan milis tersebut.

Foward = ditendang (?!) halooo..!! ga pernah baca kamus indonesia-inggris
yah? apa ga pernah dapet kurikulum bhs.inggris waktu sekolah dulu?? Duhh ..
udah males bgt deh baca tulisan dari artikel tsb. Kok mementahin argumen
sediri gt sich?! hahahaha saya skali lg cuma "mampu" tersenyum2 geli saja
ngebacanya.

Memangnya selalu negatif yah bentuk cross-posting itu? Saya kita tidak. Dan
apa maksud dari tetapi akan "mencurigakan" kalau milis yang ditendang ini
menyangkut nama orang dan perilakunya ? Loh-loh-loh... ini mah namanya norak
abis. Coba deh anda perhatiin tulisan2 di media2 cetak? Apa itu juga bukan
merupakan hasil tulisan "tendang"an -- meminjam istilah si penulis -- dari
pihak lain?! weww~ Brarti para jurnalis itu monyet juga dong !! Redaktur2
itu juga monyet doong..

Ah.. Kompas kok jadi ga sesuai lg sm tag line-nya.. ironis sekali. Tulisan
yg emosional spt itu seharusnya jg di approved pada saatrapat redaksi, sama
seperti mencoreng abu ke wajah sendiri. Dan klo pun ada bbrapa anggota milis
yg me"nendang" suatu postingan yg "mencurigakan -- meminjam istilah lg --
saya rasa wajar2 saja doong *contohnya ttg Anne Ahira -- toh Kompas memang
mem-publish artikel ttg dia. Iya kan? Gak salah dong klo kita pembaca kompas
menajdi kritis menanggapi suatu tulisan di Kompas melalui maling list ini??

Oh iya satu lagi, bukan brarti saya posting spt ini lgs di banned dr milis
kan?
masukan untuk moderator milis FPK mohon liat dan cross-check kebijakan anda
mem-banned salah seorang member (
http://yulian.firdaus.or.id/2005/05/09/kompas-tidak-suka-blog/#comment-3046)

Mari kita bicara jujur dan terbuka. Dan bersikaplah objektif.. meskipun
hanya sekali seumur hidup.

--
 wassalamu'alaikum wr.wb
http://merahsenjakala.blogspot.com

Does he tell you he loves you when he's hitting you?
Abuse. Narrated by Halle Berry.
http://us.click.yahoo.com/aFQ_rC/isnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM