Kemarin saya mengundang Yudho Sudiro, seorang IBO
(independent business owner) untuk berbicara tentang
bisnis yang digelutinya dirumah saya.  Dengan gamblang
dia menjelaskan tentang Amway dan Network-21.  Seorang
prospek yang saya undang, Pranowo, pada kesempatan
diskusi menyatakan bahwa baginya multilevel marketing
(MLM) tak asing lagi karena dia bergerak disatu
yayasan yang terkait dengan Jemaah Tabligh yang
berpusat di Pakistan, cuma bedanya disana tujuannya
bukan uang melainkan pahala untuk akherat.  Tadi pagi
Pranowo menelpon yang terima isteri saya dan
mengatakan bahwa dia tidak berminat masuk N-21 serta
menyarankan agar saya mengikuti kegiatannya.  Saya
bilang ke isteri, bahwa saya tetap pada tekad saya
sebelum balik bayan untuk tidak berdebat tentang agama
dan politik.  Bagi saya percuma upaya mengubah mindset
orang dewasa apalagi yang merasa diri sudah pintar.

Kejadian di rumah itu menggambarkan tarik menarik di
Jakarta antara MLM yang menjanjikan kebebasan (untuk
hidup, bekerja, berprestasi dan bertumbuh), keluarga,
cita-cita dan imbalan dengan "MLM" yang disodorkan
oleh mereka yang mengiming-imingi enaknya menjadi
penghuni sorga.  Bukan tak mungkin orang muda warga
Inggris asal Pakistan yang mengebom tube dan
double-decker bus adalah anggota MLM jenis kedua itu.

Salam,
RM