dear dwi,

  u re rite..:)..

  anywy, in this case i agree with pak radityo, he got a good point.

  but unfortunately, i think his opponent cant be reasoned, and talked
logically.

  so it just waste of time, but i think most of intelligent ppl in this milist
agree with pak radityo..:)

  case closed.

  PS : im not pak radityo's supporter..:)..just try to add a perspective.

  peace

Dwi Irwanti <[EMAIL PROTECTED]> wrote:           Dear carla,...

i think i agree with u...is not worth 4 a debate n focus 4 discuss..:)
like i was saying..."smell of cakes" with different cover, we could
know their character behind.

cheers..
-i2n-

--- In ppiindia@yahoogroups.com, carla annamarie kneefel
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> dear pak Radityo,
>
> argumentum ad hominem is not worth for a debate..:)..but it could
make reader to interpret or judge the emotional state of the writer.
(n maybe if their write something ad hominem abusive, we could know a
tiny glimpse of their character).

> i think when we re debating or discussing something we could be
and re entitled to be determine n aggresive but in the intellectual
manner, should stick to the subject, provide data n facts regarding to
the subject, and strongly avoid argumentum ad hominem.

> abt from the chronology of debate below, i think it's the example of
> appeal to ridicule argument: " This is a rhetorical tactic which
mocks an opponent's argument, attempting to inspire an emotional
reaction (making it a type of appeal to emotion) in the audience and
to highlight the counter-intuitive aspects of that argument, making it
appear foolish and contrary to common sense.

> This is typically done by demonstrating the argument's logic in an
extremely absurd way or by presenting the argument in an overly
simplified way, and often involves an appeal to consequences."

> peace..:)
>

> sFe <[EMAIL PROTECTED]> wrote: biasalah Mas, pak Medi ini kan
sepertinya selalu ingin mencari2 kelemahan dan kesalahan Salma, tapi
gpp, hal ini akan semakin membuat Salma paham karakter berbagai type
manusia. Apalagi yang beda Iman, ideologi (misalnya), asal jangan
kelihatan sekali ingin mendiskreditkan. Dalam hati diakui benar, tapi
karena faktor x, jadi sellau salah mulu ditampilan luarnya terhadap
pendapat dan pikiran orang lain.

> sepertinya ini sudah bawaan lahir, dan mungkin merupakan 'penyakit
hati', agak susah mengobatinya. Maaf kalau keliru

> sFe
>
> hakim <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> Mohon bapak mediacare membaca pernyataan mbak Salma dengan
> cermat dan teliti.
> Tidak ada sedikitpun mbak Salma menghina SEORANG janda. Yang disampaikan
> mbak Salma adalah HANTU yang janda bukan SEORANG JANDA.
> HANTU tidak sama dengan ORANG.
> Kalau menurut saya, malah bapak sendiri yang menghina Mbak Salma
dengan mengatakan
> perempuan jadi-jadian.
> Mana ada perempuan jadi-jadian bisa menulis email yang berbobot.
> Tks.

berarti menderita. Menjadi seorang janda, selain karena nasib
ditinggalkan oleh sang suami yang meninggal dunia, juga akibat perceraian.

> Jadi tolong hargailah kaum janda yang notabene seorang perempuan.
Dari pernyataan Anda, saya tidak yakin Anda seorang perempuan. Kalau
toh iya, pasti perempuan jadi-jadian.

> salam,
>
> rd

sama saja membiarkan diri menjadi bodoh. Tapi membiarkan hantu merusak
Tauhid seenak-e dewe dikhawatirkan akan banyak hantu2 lain di milis
ini bergentayangan, dan penalaran hantu ini perlu diluruskan, cukuplah
hantu yang tersesat kalaupun memang ingin menyesatkan diri.

> tafsiran ayat yang disebutkan, begini lengkapnya:
>
> "Sesungguhnya orang-orang mu'min, orang-orang Yahudi, orang-orang
Nasrani dan orang-orang Shabiin (1), siapa saja di antara mereka yang
benar-benar beriman kepada Allah (2), hari kemudian dan beramal saleh
(3), mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada
kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati"
(QS 2:62)

> penjelasan :
>
> (1) Shabiin ialah orang-orang yang mengikut syari'at Nabi-nabi zaman
dahulu atau orang-orang yang menyembah bintang atau menyembah
dewa-dewa. <<--- sebelum Risalah dari Allah datang melalui Nabi2 dan
Rasul utusan-Nya.
> (2) Orang-orang mu'min begitu pula orang Yahudi, Nasrani dan Shabiin
yang beriman kepada Allah termasuk beriman kepada Muhammad s.a.w.,
percaya kepada hari akhirat dan mengerjakan amalan yang saleh, mereka
mendapat pahala dari Allah. <<--- Yahudi, Nasrani, dan penyembah dewa2
yang achirnya beriman kepada Allah dan kepada Muhammad.
> (3) Ialah perbuatan yang baik yang diperintahkan oleh Agama Islam,
baik yang berhubungan dengan ibadat atau tidak.

> jadi, kalau Yahudi, Nasrani dan penyembah dewa2 tersebut achirnya
beriman kepada Allah dan Rasulnya (convert to Islam), dan melaksanakan
amalan2 yang diperintahkan oleh Allah (amalan saleh), barulah mereka
mendapat pahala. Jikalau tidak, berarati mereka tidak beriman kepada
Allah dan Rasulnya, jadi tentu saja amalan2 yang mereka anggap saleh,
akan tertolak secara otomatis!

> Buktikan kalau MUI mempertuhankan diri sendiri, ini jenis fitnah
baru. Jika hantu bener2 seorang Muslim, tentu hantu mengetahui apa
yang disebut Tauhid. Dan tentu juga tau, Allah akan menghakimi nanti
pada hari achir. Tetapi Allah sudah mengajarkan kepada hamba2-Nya arti
tauhid melalui Muhammad. Dan bukan cuma MUI, seluruh Muslim berhak
mengatakan al qiyadah sesat, karena mengamalkan hal2 diluar tauhid
Islam yang sebenarnya.

> Dasar hantu, apakah dia tidak sedang mempertontonkan ke ndablekannya
dengan menulis ajaran lain (hindu, budha, nasrani) menyimpang dari
Islm. Padahal sudah sangat jelas bahwa Nasrani, Hindu, Budha itu
totally different dengan Islam, jadi menyimpang apanya?

> MUI sudah benar dengankewajibannya, yaitu menjaga kesucian akidah
Islam dari kejahilan orang2 bodoh dan sembrono membawa2 Islam dalam
ajaran barunya. Jadi wajar saja kalau MUI berniat membrantas habis dan
memusnahkan ajaran al qiyadah yang sesat sesesat2nya. Ingat!
memusnahkan ajarannya, bukan manusianya. Karena Allah itu Maha
Pengampun dan Pemaaf, maka kepada manusia2 sesat tersebut, kalau
mereka menyadari kesesatannya dan meminta ampun serta bertaubat kepada
Allah dengan sebenar2 taubat. Maka Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha
Penyayang tentu akan mengampuni.

> beberapa diantara banyak ayat yang mengatakan bahwa Allah itu
penerima taubat, dan penuh kasih sayang:

> "Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya.
Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Penyasih." [QS. Huud: 90]

> "Ya Tuhan Kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru
kepada iman, (yaitu): "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu", maka kamipun
beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan
hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami
beserta orang-orang yang berbakti." [QS. Ali Imran: 193.]

> "Perumpamaan orang mu'min dan iman adalah seperti kuda dalam kandang
(ikatan) nya, ia berjalan sebentar ke luar untuk kemudian kembali ke
kandang (ikatan) nya . Dan seorang mu'min dapat lalai dan melakukan
kesalahan namun kemudian ia kembali kepada keimanannya. Maka berikan
makanan kalian kepada kaum yang bertakwa, dan kaum mu'minin yang
baik". Hadits diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam sahihnya. (Yaitu
dalam al Mawaarid (2451), dan diriwayatkan pula oleh Ahmad dan Abu
Ya'la seperti dikatakan oleh al Haitsami, dan para periwayatnya adalah
sahih, selain Abi Sulaiman al Laitsi, dan Abdullah bin al Walid at
Tamimi, keduanya adalah tsiqat (10/201).).

> "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan
selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan
menjadikan kamu pemakmurnya, karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian
bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya)
lagi memperkenankan (do'a hamba-Nya)." [QS. Huud: 61]

http://uk.messenger.yahoo.com