perseteruan yang terjadi saat rapat pansus merupakan bentuk psy war yang
dilakukan oleh pihak tertentu di dalam political warfare masalah century. aim
nya adalah disruption and distraction, melakukan propaganda psikologis, meng
isolasi politik lawan politik nya, berusaha melemahkan bahkan menghancurkan
morale lawan politik (karena dengan melemahkan morale dari lawan politik
merupakan determining factor untuk menang dan menentukan the measure of
resistance dari pihak lawan).

di harapkan untuk kedepannya para dewan yg terhormat anggota pansus, tidak
gampang terpancing pada friksi-friksi murahan seperti ini. supaya tetap fokus
dan tidak teralihkan dari tujuan awal untuk menuntaskan kasus century ini.

publik telah membangun opini mengenai kasus century (atau pun kasus2 lain nya
seperti kpk, antasari, maupun buku gurita cikeas). rakyat indo telah lebih
dewasa dalam menilai berdasarkan fakta bukan prasangka, rakyat indo telah lebih
smart untuk tidak lagi terbuai oleh iklan2 politik televisi yang bombastis,
perlahan-lahan tapi pasti, rakyat mulai menghubung2kan kasus2 yang terjadi
bahwa mungkin masing2 ternyata ber korelasi. semuanya dapat dilihat dari aksi
dan reaksi dari pihak2 yang berkepentingan.

yang terjadi saat rapat pansus kemarin, baru pion kecil yang memang mungkin
telah dipilih berdasarkan talent dan experience nya, untuk deliberately
melemahkan lawan politik didalam pansus tersebut. baru pion belum raja nya yang
maju:), tapi raja biasa nya sembunyi di balik pion2 nya, untouchable.

hopefully DPR dan pansus, punya politically will and good will untuk
menuntaskan kasus century despite berbagai political pressures.