Foto-foto tabung gas bisa dilihat di:
http://infoindonesia.wordpress.com/2010/09/02/01-90-tabung-gas-lpg-kadaluarsa-20-tahun-lalu/

Tanggal 1 September 2010 istri saya beli gas ukuran 12 kg. Anehnya tanggal 3
September 2010, saat saya coba memanaskan soto mie, ternyata apinya mati.
Tekanan gasnya tidak ada. Kebetulan saya pakai Regulator BlackSSO yang punya
pengukur tekanan gas, sehingga tahu jika tekanan gas ada atau tidak. Untungnya
lagi regulator tersebut pakai 2 pengaman/kunci. Sehingga nyaris tidak terjadi
kebocoran yang berakibat fatal. Alhamdulillah.

Saya copot dan pasang ulang regulatornya, tekanan gas kembali naik. Namun api
kemudian padam lagi dan tekanan gas kembali hilang. Begitu saya ulangi sampai 3
x akhirnya berhasil menyala.

Tapi ternyata malamnya kembali mati meski gas masih full. Setelah beberapa kali
diutak-atik dengan memperbaiki karet yang dipasang oleh penjual di sekeliling
leher tabung, baru bisa menyala lagi meski tidak stabil. Agar tidak meledak dan
membahayakan keluarga, terpaksa regulatornya saya lepas dulu.

Sepertinya "leher" (neck ring) tabung gas di bagian atas yang berhubungan
dengan regulator tidak sama dengan "leher" tabung gas terkini sehingga penjual
gas mengakalinya dengan melingkarinya dengan karet agar pas melekat di
regulator. Harusnya Pertamina saat mengisi ulang tabung gas tersebut melihat
tanggal kadaluarsa dan segera memeriksa ulang tabung gas agar tetap aman. Jika
terjadi ledakan tabung gas akibat kelalaian Pertamina, harusnya Dirut Pertamina
langsung dipecat dengan tidak hormat tanpa menerima pensiun/pesangon.

Akhirnya saya coba cek tabung gasnya. Di situ ada tulisan "01-90" (Tanpa tanda
kutip). Apakah itu tanggal produksi gas tersebut atau tanggal kadaluarsa?

Jika 01-90 itu adalah tanggal kadaluarsa (Januari 1990), berarti terhitung
September 2010 ini tabung tersebut sudah 20 tahun kadaluarsa.

Bagaimana pun juga tabung gas yang merupakan satu komponen yang vital harus
diberi tanggal kadaluarsa. Masyarakat juga berhak tahu apakah tabung tersebut
sudah kadaluarsa apa belum. Apakah tabung gas tersebut masih aman atau sudah
tidak layak dipakai.

Saya coba foto tabung gas LPG 12 kg tersebut mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi
kita semua.

===
Belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits
http://media-islam.or.id
Milis Ekonomi Nasional: ekonomi-nasional-subscr...@yahoogroups.com
Haji ONH Plus 2010 Mulai dari US$ 6.500:
http://media-islam.or.id/2010/05/09/paket-haji-onh-plus-2010-mulai-dari-us-6-000/

Kirim email ke