Pelatihan Food Hygiene, Jakarta, 27-28 Maret 2007

"Food hygiene" - semua kondisi dan tindakan yang diperlukan demi
kepastian keselamatan dan kecocokan makanan pada semua tahapan mata
rantai makanan.

Ada tidaknya kondisi dan tindakan ini akan nampak ketika dilakukan
audit Sistem Manajemen Kesehatan Kerja, di mana kantin dan dapur
menjadi subjek audit.

Ada aneka sistem penyediaan makanan untuk pekerja yang ditemukan. Ada
yang menyelenggarakan sendiri, dengan menggaji juru masak, membeli
bahan masakan, membeli peralatan masak, sampai kepada
menghidangkannya kepada pekerja.

Di lapangan kondisi seperti ini jarang sekali ditemukan. Sebagian
besar mengontrakkannya kepada pihak ketiga. Bahkan dapurnyapun jauh
dari kantin di mana makanan dihidangkan, sehingga perjalanan makanan
menjadi jauh. Ini salah satu penyebab terjadinya keracunan makanan di
perusahaan

Pelatihan food hygiene terutama untuk mencegah terjadinya kasus
keracunan makanan. Meskipun keracunan makanan jarang menyebabkan
kematian, dampak kerugian ekonomi untuk perusahaan sangat besar.

Salah satu cara pencegahannya adalah menganalisis titik kritis pada
proses pengolahan makanan (HACCP). Beberapa proses pengolahan
dibandingkan dengan standar, dan dicari bagaimana penyelesaiannya.

Pelatihan lebih banyak praktek ketimbang theori. Simulasi dan
pemecahan masalah merupakan cara yang sangat effektif dalam
pendidikan dewasa.

Herdi: "Saya melihat pentingnya penyederhanaan materi sehingga mudah
diingat"

Rasyid Dadang: "Saya sangat terkesan dengan fasilitator, sehingga
saya memahami benar apa yang belum pernah saya pikirkan"

Laili Khoiriyah: "Sangat menarik, mencerahkan dan memotivasi saya".

Salim Karida:"Saya banyak mendapat tambahan ilmu dan wawasan".

Hendry Suryono:" Saya sangat terkesan dan banyak kenalan baru"

Silakan untuk mendaftarkan diri pada Pelatihan ini dengan menghubungi:

Naila KHAIRIYAH HP 081380158333  Telp 021 734 3651
Sri WIDIAWATI HP Nomor 0812 1025 123 Telp 021 734 3651
Yayasan IDKI di telepon Nomor  021 734 3651, Fax: 021 735 8966, email
ke [EMAIL PROTECTED]

Atas perhatian Saudara kami ucapkan banyak terima kasih.

Wasalam,
Dr Sudjoko KUSWADJI MSc(OM) PKK SpOk
Pakar Kedokteran Keluarga, Spesialis Okupasi (Kesehatan Kerja)
Yayasan IDKI - Konsultasi dan Pelatihan
Jl Puyuh Timur III EG3 No 1 Bintaro Jaya Sektor V
Jurang Manggu Timur Tangerang 15222 Indonesia
Tel: +6221 734 3651 Fax: +6221 735 8966 HP: +62 812 9290059
Email: [EMAIL PROTECTED] HTTP://www.yayasanidki.or.id/

Kirim email ke