Kenapa ya, kalau bahas pendanaan lebih banyak menyorot ke Kwartir, padahal yang terpenting di level ujung tombak yaitu gugusdepannya.
Kemudian, soal Kwartir, kalau kita baca AD GP pasal 18 point a: Anggota muda dan anggota dewasa muda Gerakan Pramuka dihimpun dalam gugusdepan-gugusdepan dan anggota dewasa dihimpun di Kwartir. Kalau dari sana, maka seharusnya yang bayaran iuran untuk kwartir ya para anggota dewasa, bukannya anggota muda. Anggota muda bayar iuran untuk gugusdepan. Coba lihat salah satu point di SKU. Nah, berhubung anggota dewasa itu dihimpun di Kwartir, sudah seharusnya para Mabi, pembina dan andalan lah yang iuran untuk menghidupi Kwartir. Itu beratnya, sudah jadi volunteer, suruh iuran lagi he he he... Terakhir,selamat berjuang buat Kak Berthold yang sedang melakukan pembinaan di Matraman dan Kramat Jati. Semoga berhasil Kak.... Farli On Wed, 27 Jun 2007 11:22:04 +0700 "Randi Triadi" <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > yet more reason for us yang bisa ngases internet ini >untuk menabung > sehingga kita bisa ngebantu sesama pramuka... mungkin >perlu dibuatkan > kayak trust fund yang dikumpulkan oleh pramuka untuk >pramuka... > > mungkin wording saya mengenai pendanaan kwarnas agak >salah, tapi tetep > aja, harusnya kita bisa mencari jalan agar kita bisa >jadi NGO yang > self sustaining... kan banyak cara menuju roma... > > mari sama-sama melakukan UUD45 secara konsekwen.. >balikin ke UUD45 > lagi? jangan disini deh ngebahasnya.. nanti panjang... > > with al due respect > Randi > > On 6/27/07, Berthold Sinaulan ><[EMAIL PROTECTED]> wrote: >> >> >> >> >> >> >> Salam Pramuka, >> Buat kakak-kakak atau adik-adik yang kaya/berasal dari >>keluarga berada, Rp >> 1000 mungkin uang receh/uang kecil yang tak ada artinya. >>Jadi mudah didapat >> dan tanpa ragu bisa disisihkan untuk ditabung. Namun >>tidak semua orang >> seberuntung itu. >> Di banyak tempat, uang Rp 1000 sangat berharga. >>Kebetulan saat ini saya dan >> beberapa kakak pembina sedang mencoba melakukan >>pembinaan bagi anak jalanan >> usia Penggalang (27 anak di Kwarran Matraman dan 28 anak >>di Kwarran Kramat >> Jati, keduanya di Jakarta Timur). Latihan dilakukan >>setiap hari Minggu, dan >> saat ini kami sudah membagi pakaian seragam pramuka >>polos (kelengkapannya >> akan diberikan saat menyelesaikan SKU Penggalang Ramu), >>dan anak-anak setiap >> Minggu sedang ujian SKU Galang Ramu. Contohnya, hari >>Minggu kemarin, ada >> yang diuji butir-butir dalam SKU seperti Pancasila, lagu >>Indonesia Raya dan >> sejarahnya, serta agama Islam. >> Bagi anak-anak ini, walaupun tinggal di ibu kota, kota >>besar yang serba >> ada, Rp 1000 sangat berharga dan tidak mudah didapat. >>Mereka ada yang >> bekerja keras menjadi pengamen anak-anak, membantu >>berjualan permen, dan >> lain-lain. >> Bayangkan, sedang latihan, tiba-tiba ada anak yang >>dipanggil orangtuanya >> untuk membantu menjaga adik atau membantu berjualan. Ada >>juga yang terlambat >> ke latihan karena mencari uang dulu dengan mengamen. >>Jadi mereka datang ke >> latihan lengkap dengan ukulele/gitar kecil, peralatan >>untuk mengamen. (OOT: >> Kalau saja UUD '45 dilaksanakan konsekuen, ...anak-anak >>terlantar itu tentu >> tak perlu repot seperti itu, ya) >> Memang benar, pramuka harus belajar menabung, namun >>mungkin tidak semua >> dapat dengan mudah menyisihkan Rp 1000 per hari. >> Mengenai jumlah anggota Gerakan Pramuka yang >>sebenar-benarnya, memang benar >> dan harus diakui, ini adalah kelemahan sejak dulu dari >>segi pendataan >> anggota. Mudah-mudahan bisa sesegera mungkin dibenahi. >> Sedangkan mengenai pendanaan Kwarnas, bukannya "jadi >>gak usah minta-minta >> ke presiden...", tapi mendapatkan dana APBN, karena >>Gerakan Pramuka dianggap >> sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional dan >>bagian dari pembinaan >> generasi muda, yang sebagian di antaranya menjadi tugas >>negara. (Mohon maaf >> bila saya salah mengutip). >> Tks. >> >> Berthold >> >> Randi Triadi <[EMAIL PROTECTED]> wrote: >> mungkin untuk yang kedepan, program LTV diadakannya pas >>liburan >> sekolah dimulai dan lanjut roadshow jadi satu bagian >>dari LTV... dalam >> masa liburan itu... biayanya ya bisa dari sponsor atau >>dari iuran >> pramuka... kalo tiap pramuka yang terdaftar bayar >>Rp1000 per hari >> selama setahun, anggaplah itu sebagai tabungan.. selama >>setahun itu >> pramuka secara keseluruhan bisa dapet brapa... >>formulanya = 1000 * 21 >> 000 000 (anggota pramuka yang di klaim kwarnas)* 365 >>... bayangkan >> kalo semua itu disempen sebagai saham / deposito / >>usaha / dibiarkan >> terkumpul tanpa dipakai untuk urusan "lain-lain" >>kwartir... kan bisa >> dipake buat macem-macem tuh.. dari persami sampe >>jamboree, dari LT 1 - >> LT 5... >> >> just wondering .. karena udah lama gak terlibat >>langsung di gugus >> depan .. sistem keanggotaan pramuka sekarang gimana >>sih, kok kwarnas >> bisa ngeklaim 21juta anggota? terus sistem iurannya >>gimana? karena >> dengan Rp1000 per hari, dengan keanggotaan yang >>diklaim, seharusnya >> pramuka setiap tahun punya kas kotor per tahun itu >>7.665.000.000.000 >> ... cukup untuk bayar iuran ke WOSM, jadi gak usah >>minta-minta ke >> presiden... >> >> oh ya, JOTA JOTI is on the horizon... sudah siap kah >>anda? gw >> ditanyaain ama region coordinatornya scoutlink nih... >>indonesia mo >> buka room lagi gak? >> >> Randi >> >> On 6/25/07, titien mohammad <[EMAIL PROTECTED]> >>wrote: >> > >> > >> > >> > >> > >> > >> > he..he..bener juga ya.. kalo harus road show kasian >>sekolahnya doonnkk... >> > ini yang beda nya pramuka ama yang lain..sukses >>studi..sukses organisasi >> and >> > sukses karir... >> > >> > Kalo harus show ke daaerah.. biayanya dari mana >>lagi??? mau diambil dari >> > kwarcab atau kwarda??? hm.. lets think about >>that...buat beberapa daerah >> > yang di luar jawa kadang mau ngirim kontingen ke >>jambore atau ke ajang >> lain >> > dananya susah.. apalagi ditambah harus nanggung >>akomodasi mereka yang >> juara >> > LT ke tempat mereka...mikir 1000 kali tuuh.. kalo ada >>kakak2 yang udah >> jadi >> > usahawan yang siap jadi sponsor ya asyik2 aja... atau >>mungkin bisa bikin >> > program scout exchange untuk pelatihnya.. kalo cuma >>satu dua orang >> mungkin >> > masih bisa ditanggung ama kwarda atau kwarcab..itupun >>buat beberapa >> kwarcab >> > masih nggak afford buat itu.. kecuali kalo ada biaya >>dari kwarnas.. >> > >> > ok..thanks..mohon maap bagi yang tidak berkenan >> > >> > salam pramuka >> > >> > titien >> > >> > ----- Original Message ---- >> > From: Andalie <[EMAIL PROTECTED]> >> > To: [email protected] >> > Sent: Monday, June 25, 2007 8:22:10 PM >> > Subject: Re: [Pramuka] Re: LT V = LOMBA PALING >>BERGENGSI TINGKAT >> PENGGALANG >> > (PERENUNGAN) >> > >> > Emangnya mereka yang juara nggak sekolah apa??? >> > >> > Farli >> > >> > On Fri, 22 Jun 2007 12:28:03 -0000 >> > "rimata66" <[EMAIL PROTECTED] com> wrote: >> > > >> > > Salam, >> > > >> > > Di sinilah salahnya. >> > > >> > > Seharusnya regu juara LT 5 ini melakukan road show >> > >se-Indonesia. >> > > Tampil di mana-mana untuk menginspirasi kita semua >> > > Inilah profil regu penggalang yang baik >> > > >> > > Jadi yang show di mana-mana jangan cuma bintang >> > >Indonesia Idols atau >> > > AFI atau Mama Mia ..... >> > > >> > > Tampilnya di markas Pramuka, di kantor Kwarcab >>misalnya >> > > Teman-teman yang lain diundang >> > > Bisa kasih demo atau berlomba dengan regu lain >> > > >> > > Wah, pasti bisa bikin motivasi pisan ...... >> > > >> > > Ayo, Kwarnas kita coba >> > > >> > > Siap main ke kwarcab saya ??? >> > > >> > > Hendro >> > > >> > > >> > > --- In [EMAIL PROTECTED] .com, irwan riduan >> > ><[EMAIL PROTECTED] ..> wrote: >> > >> >> > >> Jadi .... kalau sudah ditutup lomba tingkat lima >>ini >> > >>jadi ngak >> > > bergengsi dong !!! >> > >> wah kasihan pramuka penggalang kita kalau begitu >>...... >> > >>padahal >> > > harapan mengikuti jambore dunia selalu dijadikan >> > >motivasi untuk >> > > terus berlatih pramuka ! kasihan-kasihan ...... >> > >> gimana yach...... >> > >> kalau kebanggaan untuk mengikuti kegiatan pramuka >>cuma >> > >>sampai di >> > > tinggkat nasional saja ..... >> > >> gimana revitalisasi gerakan pramuka ? padahal >>utamanya >> > >>kan >> > > penggalang sebagi generasi penerus bangsa (remaja >>yang >> > >siap >> > > membangun masyarakat) dah jadi kendur dong >>semangatnya >> > >(semog saja >> > > tidak) kan katanya sukarela (mungkin hanya untuk >>peserta >> > >didik saja >> > > kali yach .... >> > >> >> > >> rapirwan >> > >> >> > >> >> > >> >> > >> >> > >> ----- Original Message ---- >> > >> From: Berthold Sinaulan <bertholdsinaulan@ ...> >> > >> To: [EMAIL PROTECTED] .com >> > >> Sent: Tuesday, June 12, 2007 11:25:48 AM >> > >> Subject: Re: [Pramuka] LT V = LOMBA PALING >>BERGENGSI >> > >>TINGKAT >> > > PENGGALANG (PERENUNGAN) >> > >> >> > >> Salam Pramuka, >> > >> Sedikit koreksi, rasanya tidak (mungkin/benar) >>pemenang >> > >>LT V akan >> > > mewakili Indonesia ke Jambore Dunia ke-21 di >>Inggris >> > >pada akhir Juli >> > > 2007 sampai awal Agustus 2007. Soalnya pendaftaran >> > >jambore dunia >> > > sudah ditutup, sedangkan LT V baru akan diadakan >> > >beberapa waktu >> > > lagi. Jelas tidak mungkin mengejar pendaftaran ke >> > >Jambore Dunia 2007. >> > >> Tks. >> > >> >> > >> Berthold >> > >> >> > >> asep hen hen <asep_arsitek@ yahoo.com> wrote: >> > >> Assalamualaikum wr wb >> > >> Salam Pramuka ! >> > >> LT V adalah ajang paling bergengsi untuk tingkat >>pramuka >> > > penggalang seindonesia, betapa tidak, karna hanya >>lewat >> > >lomba inilah >> > > untuk mendapatkan tiket GRATIS ke jambore dunia >> > >diperebutkan >> > > seindonesia, wakil2 regu terbaik tingkat NASIONAL >>akan >> > >mewakili >> > > propinsinya masing2, setelah melewati >> > >perjalanan/ perjuang an panjang >> > > yg sangat2 melelahkan baik dari LT I (tingkat >> > >sekolah/non sekolah) >> > > kemudian bila menang berlanjut ke LT II (tingkat >> > >kecamatan) bila >> > > menang lagi ke LT III (tingkat cabang) bila menang >>lagi >> > >ke LT IV >> > > (tingka daerah) dan bila menang lagi akhirnya ke >>final >> > >penantian ke >> > > LT V (tingkat nasional) itupun HARUS juara 1 putra >> > >maupun putri, >> > > karna setelah sekian lama digembleng dalam event2 >>lomba >> > >, baik lomba >> > > tingkat antar sekolah, antar cabang, atau lomba yg >> > >diselengarakan >> > > badan2 independen, tetap saja tak bisa MENGALAHKAN >>PAMOR >> > >/ GENGSI >> > > sebuah LT V, karna ada istilah :beratus2 kali atau >> > >beribu2 kali >> > > sebuah regu penggalang ikut lomba, tapi dia satu >>kali >> > >saja tidak >> > > mengikuti >> > >> Lomba tingkat ini, maka dia seperti makan baso >>tapi >> > >>tidak makan >> > > basonya. intinya lomba yg bener2 paling bergengsi >>ini >> > >sayang banget >> > > sekali tidak diikuti oleh anggota penggalang semasa >> > >hidupnya, oleh >> > > sebab itu KEJUJURAN juri sangat2 ditekankan, karna >> > >pertaruhannya >> > > adalah nama bangsa yakni bangsa INDONESIA, knapa >>tidak ? >> > >karna >> > > pemenang lomba LT V yg juara 1 putra/putri akan >>mewakili >> > >bangsa >> > > indonesia diJambore international nanti diinggris >>yg >> > >selengarakan >> > > tepatnya di pulau brownsea island yg merupakan >>tonggak >> > >berdirinya >> > > pramuka dunia (100 tahun gerakan kepanduan dunia >>1907 - >> > >2007) yg >> > > diadakannya kemping pertama kali didunia bagi >>gerakan >> > >kepanduan ini >> > > yg dimotori oleh Bapak pendiri pramuka dunia LORD >>BADEN >> > >POWEL OF >> > > GILWELL, oleh sebab itu PARA JURI LT V utamakanlah >> > >kejujuran jgnlah >> > > mementingakan sebuah propinsi, kelompok anda ingin >> > >menangkan, alih2 >> > > masalah politik, ingat PRAMUKA BUKAN BADAN POLITIK, >>ia >> > >adalah badan >> > > INdependen, Tapi saya sgt sgt percaya kepada kakak2 >>juri >> > >LT V, >> > >> karna mereka adalah pemuda-pemudi pilihan terbaik >>untuk >> > >>mengadakan >> > > lomba terbaik pula, semoga perlombaan ini menjadi >>cambuk >> > >kita >> > > menjadi lebih baik dikemudian hari, baik ditingkat >> > >nasional maupun >> > > international (mudah2an pemenang regu lt V adalah >>memang >> > >bener2 rugi >> > > yg terbaik ) sehingga dikacamata pramuka dunia, >> > >Indonesia menjadi >> > > panutan baik dari segi skil, ataupun akhlah. Insya >> > >Allah, amin.wass >> > >> >> > >> ka ASEP HEN HEN >> > >> mantan Juri LT V 2002 >> > >> >> > >> ------------ --------- --------- --- >> > >> Choose the right car based on your needs. Check >>out >> > >>Yahoo! Autos >> > > new Car Finder tool. >> > >> >> > >> [Non-text portions of this message have been >>removed] >> > >> >> > >> Send instant messages to your online friends >> > > http://uk.messenger .yahoo.com >> > >> >> > >> [Non-text portions of this message have been >>removed] >> > >> >> > >> >> > >> >> > >> >> > >> >> > >> >> > >> >> > > ____________ _________ _________ _________ >>_________ _________ _ >> > > ____________ ___ >> > >> Sucker-punch spam with award-winning protection. >> > >> Try the free Yahoo! Mail Beta. >> > >> http://advision. webevents. yahoo.com/ mailbeta/ >>features_ spam.html >> > >> >> > >> [Non-text portions of this message have been >>removed] >> > >> >> > > >> > > >> > >> > ============ ========= ========= ========= ========= >>========= ========= >> > ========= ========= ==== >> > Bosan dengan email yang biasa?? >> > Ayo cobain kirim email diiringi musik dengan >>bergabung di Music Mail >> > Telkom.net (http://www.telkom. net/mm_seputar. php), >>dijamin kirim email >> > terasa lebih menyenangkan. Jadi tunggu apalagi buruan >>cobain beremail >> dengan >> > Music Mail!! >> > ============ ========= ========= ========= ========= >>========= ========= >> > ========= ========= ==== >> > >> > >>__________________________________________________________ >> > Moody friends. Drama queens. Your life? Nope! - their >>life, your story. >> > Play Sims Stories at Yahoo! Games. >> > http://sims.yahoo.com/ >> > >> > [Non-text portions of this message have been removed] >> > >> > >> > >> > >> > >> >> -- >> Be Prepared my Friend! >> Rendezvous to Destiny! >> >> Send instant messages to your online friends >>http://uk.messenger.yahoo.com >> >> [Non-text portions of this message have been removed] >> >> > > > -- > Be Prepared my Friend! > Rendezvous to Destiny! ======================================================================================== Bosan dengan email yang biasa?? Ayo cobain kirim email diiringi musik dengan bergabung di Music Mail Telkom.net (http://www.telkom.net/mm_seputar.php), dijamin kirim email terasa lebih menyenangkan. Jadi tunggu apalagi buruan cobain beremail dengan Music Mail!! ========================================================================================

