----- Pesan Asli ----
Dari: Kukuh Hadianto <[EMAIL PROTECTED]>
Kepada: pramuka@yahoogroups.com
Terkirim: Senin, 11 Febuari, 2008 3:09:43
Topik: [Pramuka] Re: Pola Pembinaan Pramuka Monoton (?)

secara komposisi, saya lihat materi yang harus diujikan lengkap,

kalau pembina masih berkutat dengan apa yang tertulis memang repot

dong .....

menurut saya pembinanya yang kurang kreatif, mosok kalimat di SKU

diartikan secara harfiah .... :P

kalo gitu sih pramuka gak bakal pernah maju dong

ayo ... berpikir kreatif ......

-kukuh-

contoh ..... ini cuma contoh lhooo ....

dari imel kak Libseawasa Z.

materi SKU untuk telepon umum

ini kan bisa "sedikit" diulik

dengan materi tambahan mengenai

- kode kota (telkom)

- beda kode selular ... 081, 082, 085, 088 dll

- kode 0800, 0809, 001, 008 dll

bisa banyak yg di "tambahkan" tergantung dari kreatifitas pembinanya

masing-masing, tergantung tingkat pemahaman peserta didik

--- In [EMAIL PROTECTED] .com, Ghulam Manar <ghulam_manar@ ...> wrote:

> Sekedar urun rembug ...

>   Menurut saya, SKU yang kita miliki memang mesti di up to date ...

atau katakanlah ... ada evaluasi atas hasil yang dicapai dengan

menggunakan SKU yang sekarang ada.

> Saya belum melihat adanya prakarsa atau upaya dari kwartir untuk me-

review atau mengevaluasi SKU ini ... (kwartir mana sebenarnya yang

berwenang? Nasional, Daerah atau Cabang?)

>   Sekedar perbandingan saja (maaf kalo subyektif .... he), jaman

Siaga saya dulu dengan sekarang tentu sangat jauh berbeda ... tapi

saya inget harus menyelesaikan Siaga Tata saya dalam waktu kira-kira

2 minggu karena syarat untuk TC Pesta Siaga tahun 1986 dengan

menggunakan SKU yang sama juga dipakai oleh adik-adik kita

sekarang ... 2008 (22 tahun ....)

>   Menurut saya terdapat beberapa hal yang mesti dikembangkan ...

dimodifikasi .. atau mungkin malah ditambah (saya cenderung untuk

mempertahankan yang sudah ada dengan penyesuaian di sana sini) yang

tentunya hal tersebut dilakukan melalui proses ... bukan asal

modifikasi saja ...

>   Jika menjadi kewenangan Kwarda, Insya Allah akan saya usahakan

mengingat saat ini saya masih duduk di kepengurusan kwartir daerah,

peluang untuk itu masih terbuka. Sekedar info saja, bahwa materi

pesta siaga yang dilaksanakan di Kwarda 11 Jawa Tengah setiap 2 tahun

sekali di-review dengan melibatkan beberapa stakeholder seperti

pelatih, psikolog, pemerhati anak serta jajaran andalan daerah. Dalam

forum ini sering terjadi diskusi yang rame antara "orang dalam"

dengan "orang luar" yang tidak terlibat dalam kegiatan Pramuka, namun

justru di sinilah dinamikanya, kita belajar untuk jujur dan terbuka

menerima saran, kritik dan masukan dari orang lain di luar Gerakan

Pramuka.

>   Meski tidak se-smooth yang dibayangkan tapi forum ini cukup

efektif untuk mendefinisikan kegiatan yang menarik bagi siaga. Ide

ini sendiri muncul dari Ka Kwarda yang melihat, mendengar dan

merasakan bahwa ada kecenderungan kegiatan pramuka khususnya siaga

terkesan monoton dan belum memiliki tujuan secara konkret. Terlebih,

dengan kemajuan yang ada sekarang jikalau Gerakan Pramuka tidak

rajin "bercermin" dan "berhias" bisa-bisa cuma tinggal cerita ayah

dan bunda saja .... Dulu Le, ayah dan bundamu ikut Pramuka ...

seru .. rame ...  tapi si anak yang diceritain malah bengong atau

bilang ... Wah, ayah bunda kok kuno ... hehehe

>   Marilah kita belajar untuk "bercermin" dan "berhias" bagi

kemanfaatan Gerakan Pramuka yang kita cintai dan banggakan.

>   Wassalam,

>   Ghulam

>   Evaluation of the past is the first step toward vision for the

future.

>   Chris Widener

> rimata66 <[EMAIL PROTECTED] .> wrote:

> Terserah dech mau bicara apa.

> Yang pasti saya sudah ngajak bahasa butir-butir SKU yang

> dipermasalahkan tapi anda cuma mau berdebat kusir di sini.

> Saya sudah baca semua comment, ok ?

> Lanjutkan pembicaraan atau sudahlah.

> Hendro

kita

> menjadi

> datang.

> sudah menyimak dari awal topik yang digulirkan oleh beberapa teman

> kita di milis ini, nuhun...

> teman yang lain mengenai hal ini, terima kasih.

utama