Salam Pramuka!

Dear Kakak kakak semuanya, Ada sebuah cerita. awalnya saya bertukar SurEl 
dengan kawan di mesir, dan berbicara tentang possibilities mengundang Mesir sbg 
kontingen LN di Raimuna Nasional 2008, gayung pun besambut dari kawan saya di 
Mesir, beliau datang langsung ke Kwarnasnya mereka (duh kok mirip sama 
ceritanya saya yah). dan Sambutan dari Ka.Kwarnasnya cukup baik. Walaupun tidak 
janji datang ke Rainas 2008 karena masalah biaya, namun peluang kedepannya 
cukup prospektif. Di forum ini bolehlah saya memohon kakak kakak yang memiliki 
kedudukan di Gerakan kita ini untuk dapat menjajaki kemungkinan tsb, Sayanglah 
bila kesempatan emas yang kedua kalinya (setelah cerita saya dengan BSA) akan 
kembali tersia siakan. Untuk baca cerita lengkapnya, saya copykan email dari 
kawan saya di Mesir, Kak Faisal.

Demikian, Salam hangat





Kabar dari Mesir





Inbox
X









Assalamualaikum,

Salam Pramuka!
Apa kabar Kak Ari dan Kak Moel serta kawan-kawan di sana? Semoga selalu sehat. 
Kali ini saya ingin melaporkan kunjungan saya ke Egyptian Federation for Scout 
and Girl Guides (EFSGG). Semoga dapat menjadi masukan bagi Pramuka Indonesia 
untuk meningkatkan hubungan Internasional.

Sesuai petunjuk Kak Ari untuk menyampaikan langsung undangan Kwarnas untuk 
EFSGG, hari Rabu, 7 Mei 2007 lalu saya membawa surat undangan dari Gerakan 
Pramuka dan application form-nya (yang saya terima dari Kak Ari dan Kak Mul ). 
Saya cetak dan saya masukkan amplop yang saya beri kop Gerakan Pramuka (saya 
salin dari file-nya). 

Sekitar pukul 9.30 saya sampai di Kantor Pusat EFSGG dan diterima oleh seorang 
petugas bagian External Affairs, Mr. Abdul Haris. Saat itu langsung saya 
sampaikan bahwa Pramuka Indonesia mengundang EFSGG untuk berpartisipasi dalam 
Raimuna Nasional 2008 sambil menyerahkan surat yang saya bawa. Sambutannya yang 
saya terima luar biasa hangat. 

Saya juga menyampaikan sebelumnya bahwa saya hanya perantara dan bukan wakil 
resmi Pramuka Indonesia. Saya juga memberikan alasan bahwa panitia Rainas 2008 
telah berusaha menghubungi EFSGG melalui Faximile dan juga email, namun gagal. 
Mr. Abdul Haris tidak mempermasalahkan sama sekali hal tersebut dan berterima 
kasih.

Dalam percakapan awal Mr. Abdul Haris menanyakan beberapa hal tentang 
pelaksanaan Rainas 2008, misalnya tentang waktu dan biaya. Kemudian saya jawab 
sesuai dengan yang tercantum dalam Invitation Letter. Beliau sedikit 
menyinggung bahwa EFSGG sedang kehabisan budget karena mereka baru saja 
mengikuti beberapa International Camps di beberapa negara. Hal ini mungkin 
menyebabkan mereka harus berpikir panjang untuk berpartisipasi dalam Rainas 
2008. Apalagi menurut beliau, jarak waktu antara penerimaan undangan ini dengan 
jadwal pelaksanaan terlalu singkat. Karena untuk menjawab hal ini mereka harus 
menghubungi beberapa pihak, antara lain 4 Asosiasi Kepanduan (Sea Scout, Air 
Scout, Boy Scout, Girl Guides) termasuk President of EFSGG yg menjadi penentu 
keputusan.

Akhirnya ia menawarkan pada saya untuk bertemu langsung dengan President of 
EFSGG, Air Vice Marshal Ahmed Abdellatif. Wah, tentu saja saya terlonjak kaget. 
Saya kan cuma perantara, ibaratnya tukang pos saja. Dalam hati saya berfikir, 
nanti bagaimana jika ditanya tentang ini dan itu, kemudian ada kesalahan dalam 
penyampaian, bisa runyam. Namun saat itu tawaran yang Mr. Abdul Haris sampaikan 
bukan sekedar basa-basi, jadi sangat sulit bagi saya menolaknya. Waktu itu 
Presiden EFSGG belum datang jadi saya diminta menunggu sekitar setengah jam. 
Saya kemudian diajak ke ruangan kantor Mr. Abdul Haris di lantai 1 sembari 
menunggu Presiden Federasi.

Sekitar seperempat jam, President of EFSGG datang lalu Mr. Abdul Haris 
menyampaikan undangan tersebut. Atas petunjuk President, kemudian Mr. Abdul 
Haris mengajak saya menemui Treasurer of Federation, Mr. Adel Abdel Gaffar 
terlebih dahulu. (hehe mungkin biar tahu keadaan dana mereka sebelum memberi 
keputusan)

Sekitar 10 menit di ruangan Treasurer dengan tanya jawab dengan Mr. Adel 
mengenai Rainas 2008, kami disuruh menunggu sebentar. Lalu beliau masuk ke 
ruangan Presiden Federasi. Tak lama kemudian saya dipersilahkan masuk ke 
ruangan Presiden Federasi. Di ruangan itu sudah menunggu Presiden Federasi dan 
Mr. Adel. 

Mr. Ahmed Abdellatif dengan hangat menyambut saya. Kemudian saya memperkenalkan 
diri dan tak lupa menekankan bahwa saya bukan wakil resmi GP, hanya perantara. 
Namun jika ada yang hendak di sampaikan untuk Pramuka Indonesia, saya siap 
menyampaikan. Kami berbincang sekitar setengah jam, diselingi para pegawai yang 
ingin bertemu dengan beliau untuk menyelesaikan administrasi atau tanda tangan. 

Semua yang ditanyakan oleh Mr. Ahmed, saya jawab sesuai apa yang saya ketahui 
dari invitation letter dan juknis yang Kak Ari dan Kak Moel kirimkan. Dan apa 
yang disampaikan Mr. Ahmed hampir sama dengan yang disampaikan Mr. Abdul Haris 
bahwa EFSGG sedang kehabisan dana karena telah berpartisipasi di beberapa even 
serupa Rainas di beberapa negara seperti Tunisia, Yaman, Korea, Malaysia, dll. 
Beliau juga menyampaikan apresiasi atas undangan tersebut.
Sebelum saya pamit beliau memberi sebuah majalah yang diterbitkan EFSGG dalam 
bahasa Arab tentang kegiatan mereka. (Insya Allah majalahnya akan saya kirim 
via pos ke Gerakan Pramuka Indonesia, jadi mohon alamat di Indonesia)

Ketika pamit beliau meminta saya menemui Mr. Abdul Haris untuk kelanjutannya. 
Di ruangan Mr. Abdul Haris saya sempat berbincang lebih jauh tentang Pramuka 
Indonesia dan Rainas 08. Sayang sekali tidak ada juknis dengan Bahasa Inggris 
atau Arab sehingga mereka bisa membaca sendiri detail kegiatan Rainas 2008. 
Menurut saya ini penting karena merupakan promosi tersendiri untuk Rainas 2008 
dan dapat membuat mereka tertarik berpartisipasi. Namun secara umum terwakili 
oleh dalam Brief Introduction dalam Invitation Letter.

Tentang balasan dari mereka saya sampaikan bahwa mereka dapat mengirimkan 
langsung melalui fax atau email yg tertera di surat undangan. Beliau bilang 
bahwa balasannya akan akan dikirimkan esok harinya (hari ini Kamis, 8 Januari 
2008). Jadi kemungkinan balasan dari EFSGG sudah masuk ke email atau fax 
Kwarnas. 

Beliau berharap jika saja mereka tidak bisa berpartisipasi pada RAINAS 2008 
kali ini karena alasan dana, ke depan hubungan EFSGG dengan Pramuka Indonesia 
dapat ditingkatkan. Mereka juga berpesan agar undangan partisipasi kegiatan 
bisa datang lebih awal dari jadwal pelaksanaan sehingga mereka dapat 
mempersiapkan diri. 
 
Sebelum pulang, oleh Mr. Abdul Haris saya diminta menuliskan nama dan data diri 
saya serta nomor kontak untuk follow up pertemuan tersebut. Terus terang saya 
merasa terhormat atas sambutan yang mereka berikan, terutama dari Mr. Abdul 
Haris. 

Demikian kabar dari saya, semoga hubungan Pramuka Indonesia dengan EFSGG ke 
depan dapat ditingkatkan. Hubungan mesra Mesir - Indonesia sebenarnya terjalin 
dengan baik sejak awal Indonesia Merdeka. Republik Arab Mesir adalah negara 
pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Karena itu harapan saya hubungan 
mesra ini dapat terajut kembali, terutama melalui organisasi kepanduan dari dua 
negara.

Oh ya, jika untuk informasi tentang email dan fax EFSGG terbaru, kemarin sempat 
saya tanyakan dan mungkin juga sudah disertakan dalam balasan mereka ke 
Kwarnas. Sedangkan yang di website mereka tampaknya sudah lama tidak di update.

Egyptian Federation for Scout and Girl Guides
Address : 5 Shanan Street from Galaa Street, Ramses, Cairo - EGYPT

PO Box : 1446 Cairo - Egypt

Telp : + (202) 25766313 - 25779097
Fax : + (202) 25766422
E-mail :  [EMAIL PROTECTED]

Wah tidak terasa kabar yang saya tulis sudah sekian panjang. Kalau begitu 
sekian dulu dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan. Mohon juga petunjuk dari 
kakak-kakak sekalian mengenai follow up hubungan tsb dan sebagainya. 

Terima kasih
 













Salam hangat, 
Faisal Zulkarnaen 
http://faisal-zulkarnaen.blogspot.com            

---------------------------------
Be a better friend, newshound, and  know-it-all with Yahoo! Mobile.  Try it now.






-- 


















Sir. Ari Wijanarko Adipratomo, A+, A.A [KgTC].OBE
Gerakan Pramuka of Indonesia
Indonesian Scouts Movement National Representative in U.S.
  Knight of the Order of the Black Ermine
Harry S.Truman College, Chicago
Head of Delegation For the Republic of Georgia in AMUN conference 2007
Member, Phi Theta Kappa Honor Society Chapter nu lambda
Secretary of Indonesian Muslim Community in Chicago
Reporter for Greetings From America Radio, in cooperation with State Department 
Bureau of International Information Programs
***************************************************************************************************************************************************
Avoid Hell by giving charity ,even if it means sharing your last date , and if 
you have nothing at all ,by speaking a kind word  (Hadith of Prophet Muhammad 
PBUH,Shahih Bukhari)



 Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com 

[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke