Salam Pramuka! Dear Kakak kakak semuanya, Ada sebuah cerita. awalnya saya bertukar SurEl dengan kawan di mesir, dan berbicara tentang possibilities mengundang Mesir sbg kontingen LN di Raimuna Nasional 2008, gayung pun besambut dari kawan saya di Mesir, beliau datang langsung ke Kwarnasnya mereka (duh kok mirip sama ceritanya saya yah). dan Sambutan dari Ka.Kwarnasnya cukup baik. Walaupun tidak janji datang ke Rainas 2008 karena masalah biaya, namun peluang kedepannya cukup prospektif. Di forum ini bolehlah saya memohon kakak kakak yang memiliki kedudukan di Gerakan kita ini untuk dapat menjajaki kemungkinan tsb, Sayanglah bila kesempatan emas yang kedua kalinya (setelah cerita saya dengan BSA) akan kembali tersia siakan. Untuk baca cerita lengkapnya, saya copykan email dari kawan saya di Mesir, Kak Faisal.
Demikian, Salam hangat Kabar dari Mesir Inbox X Assalamualaikum, Salam Pramuka! Apa kabar Kak Ari dan Kak Moel serta kawan-kawan di sana? Semoga selalu sehat. Kali ini saya ingin melaporkan kunjungan saya ke Egyptian Federation for Scout and Girl Guides (EFSGG). Semoga dapat menjadi masukan bagi Pramuka Indonesia untuk meningkatkan hubungan Internasional. Sesuai petunjuk Kak Ari untuk menyampaikan langsung undangan Kwarnas untuk EFSGG, hari Rabu, 7 Mei 2007 lalu saya membawa surat undangan dari Gerakan Pramuka dan application form-nya (yang saya terima dari Kak Ari dan Kak Mul ). Saya cetak dan saya masukkan amplop yang saya beri kop Gerakan Pramuka (saya salin dari file-nya). Sekitar pukul 9.30 saya sampai di Kantor Pusat EFSGG dan diterima oleh seorang petugas bagian External Affairs, Mr. Abdul Haris. Saat itu langsung saya sampaikan bahwa Pramuka Indonesia mengundang EFSGG untuk berpartisipasi dalam Raimuna Nasional 2008 sambil menyerahkan surat yang saya bawa. Sambutannya yang saya terima luar biasa hangat. Saya juga menyampaikan sebelumnya bahwa saya hanya perantara dan bukan wakil resmi Pramuka Indonesia. Saya juga memberikan alasan bahwa panitia Rainas 2008 telah berusaha menghubungi EFSGG melalui Faximile dan juga email, namun gagal. Mr. Abdul Haris tidak mempermasalahkan sama sekali hal tersebut dan berterima kasih. Dalam percakapan awal Mr. Abdul Haris menanyakan beberapa hal tentang pelaksanaan Rainas 2008, misalnya tentang waktu dan biaya. Kemudian saya jawab sesuai dengan yang tercantum dalam Invitation Letter. Beliau sedikit menyinggung bahwa EFSGG sedang kehabisan budget karena mereka baru saja mengikuti beberapa International Camps di beberapa negara. Hal ini mungkin menyebabkan mereka harus berpikir panjang untuk berpartisipasi dalam Rainas 2008. Apalagi menurut beliau, jarak waktu antara penerimaan undangan ini dengan jadwal pelaksanaan terlalu singkat. Karena untuk menjawab hal ini mereka harus menghubungi beberapa pihak, antara lain 4 Asosiasi Kepanduan (Sea Scout, Air Scout, Boy Scout, Girl Guides) termasuk President of EFSGG yg menjadi penentu keputusan. Akhirnya ia menawarkan pada saya untuk bertemu langsung dengan President of EFSGG, Air Vice Marshal Ahmed Abdellatif. Wah, tentu saja saya terlonjak kaget. Saya kan cuma perantara, ibaratnya tukang pos saja. Dalam hati saya berfikir, nanti bagaimana jika ditanya tentang ini dan itu, kemudian ada kesalahan dalam penyampaian, bisa runyam. Namun saat itu tawaran yang Mr. Abdul Haris sampaikan bukan sekedar basa-basi, jadi sangat sulit bagi saya menolaknya. Waktu itu Presiden EFSGG belum datang jadi saya diminta menunggu sekitar setengah jam. Saya kemudian diajak ke ruangan kantor Mr. Abdul Haris di lantai 1 sembari menunggu Presiden Federasi. Sekitar seperempat jam, President of EFSGG datang lalu Mr. Abdul Haris menyampaikan undangan tersebut. Atas petunjuk President, kemudian Mr. Abdul Haris mengajak saya menemui Treasurer of Federation, Mr. Adel Abdel Gaffar terlebih dahulu. (hehe mungkin biar tahu keadaan dana mereka sebelum memberi keputusan) Sekitar 10 menit di ruangan Treasurer dengan tanya jawab dengan Mr. Adel mengenai Rainas 2008, kami disuruh menunggu sebentar. Lalu beliau masuk ke ruangan Presiden Federasi. Tak lama kemudian saya dipersilahkan masuk ke ruangan Presiden Federasi. Di ruangan itu sudah menunggu Presiden Federasi dan Mr. Adel. Mr. Ahmed Abdellatif dengan hangat menyambut saya. Kemudian saya memperkenalkan diri dan tak lupa menekankan bahwa saya bukan wakil resmi GP, hanya perantara. Namun jika ada yang hendak di sampaikan untuk Pramuka Indonesia, saya siap menyampaikan. Kami berbincang sekitar setengah jam, diselingi para pegawai yang ingin bertemu dengan beliau untuk menyelesaikan administrasi atau tanda tangan. Semua yang ditanyakan oleh Mr. Ahmed, saya jawab sesuai apa yang saya ketahui dari invitation letter dan juknis yang Kak Ari dan Kak Moel kirimkan. Dan apa yang disampaikan Mr. Ahmed hampir sama dengan yang disampaikan Mr. Abdul Haris bahwa EFSGG sedang kehabisan dana karena telah berpartisipasi di beberapa even serupa Rainas di beberapa negara seperti Tunisia, Yaman, Korea, Malaysia, dll. Beliau juga menyampaikan apresiasi atas undangan tersebut. Sebelum saya pamit beliau memberi sebuah majalah yang diterbitkan EFSGG dalam bahasa Arab tentang kegiatan mereka. (Insya Allah majalahnya akan saya kirim via pos ke Gerakan Pramuka Indonesia, jadi mohon alamat di Indonesia) Ketika pamit beliau meminta saya menemui Mr. Abdul Haris untuk kelanjutannya. Di ruangan Mr. Abdul Haris saya sempat berbincang lebih jauh tentang Pramuka Indonesia dan Rainas 08. Sayang sekali tidak ada juknis dengan Bahasa Inggris atau Arab sehingga mereka bisa membaca sendiri detail kegiatan Rainas 2008. Menurut saya ini penting karena merupakan promosi tersendiri untuk Rainas 2008 dan dapat membuat mereka tertarik berpartisipasi. Namun secara umum terwakili oleh dalam Brief Introduction dalam Invitation Letter. Tentang balasan dari mereka saya sampaikan bahwa mereka dapat mengirimkan langsung melalui fax atau email yg tertera di surat undangan. Beliau bilang bahwa balasannya akan akan dikirimkan esok harinya (hari ini Kamis, 8 Januari 2008). Jadi kemungkinan balasan dari EFSGG sudah masuk ke email atau fax Kwarnas. Beliau berharap jika saja mereka tidak bisa berpartisipasi pada RAINAS 2008 kali ini karena alasan dana, ke depan hubungan EFSGG dengan Pramuka Indonesia dapat ditingkatkan. Mereka juga berpesan agar undangan partisipasi kegiatan bisa datang lebih awal dari jadwal pelaksanaan sehingga mereka dapat mempersiapkan diri. Sebelum pulang, oleh Mr. Abdul Haris saya diminta menuliskan nama dan data diri saya serta nomor kontak untuk follow up pertemuan tersebut. Terus terang saya merasa terhormat atas sambutan yang mereka berikan, terutama dari Mr. Abdul Haris. Demikian kabar dari saya, semoga hubungan Pramuka Indonesia dengan EFSGG ke depan dapat ditingkatkan. Hubungan mesra Mesir - Indonesia sebenarnya terjalin dengan baik sejak awal Indonesia Merdeka. Republik Arab Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Karena itu harapan saya hubungan mesra ini dapat terajut kembali, terutama melalui organisasi kepanduan dari dua negara. Oh ya, jika untuk informasi tentang email dan fax EFSGG terbaru, kemarin sempat saya tanyakan dan mungkin juga sudah disertakan dalam balasan mereka ke Kwarnas. Sedangkan yang di website mereka tampaknya sudah lama tidak di update. Egyptian Federation for Scout and Girl Guides Address : 5 Shanan Street from Galaa Street, Ramses, Cairo - EGYPT PO Box : 1446 Cairo - Egypt Telp : + (202) 25766313 - 25779097 Fax : + (202) 25766422 E-mail : [EMAIL PROTECTED] Wah tidak terasa kabar yang saya tulis sudah sekian panjang. Kalau begitu sekian dulu dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan. Mohon juga petunjuk dari kakak-kakak sekalian mengenai follow up hubungan tsb dan sebagainya. Terima kasih Salam hangat, Faisal Zulkarnaen http://faisal-zulkarnaen.blogspot.com --------------------------------- Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now. -- Sir. Ari Wijanarko Adipratomo, A+, A.A [KgTC].OBE Gerakan Pramuka of Indonesia Indonesian Scouts Movement National Representative in U.S. Knight of the Order of the Black Ermine Harry S.Truman College, Chicago Head of Delegation For the Republic of Georgia in AMUN conference 2007 Member, Phi Theta Kappa Honor Society Chapter nu lambda Secretary of Indonesian Muslim Community in Chicago Reporter for Greetings From America Radio, in cooperation with State Department Bureau of International Information Programs *************************************************************************************************************************************************** Avoid Hell by giving charity ,even if it means sharing your last date , and if you have nothing at all ,by speaking a kind word (Hadith of Prophet Muhammad PBUH,Shahih Bukhari) Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com [Non-text portions of this message have been removed]

