Hi Kakak Mulyanah yg hebat krn msh sanggup nglatih siaga...
Kalo saya jadi siaga, saya paling seneng...:

Jadi secret agent:
Materinya hanya sandi, tapi bukan yg dihapal lho ya... jadi biarin 
deh ngga bisa semaphore dan morse. Misalnya:
1. Huruf hieroglyph (alias sandi kotak). 
2. Huruf palsu (yg paling umum A = N), biarkan adik2 siaga punya 
kelompok sendiri menentukan kata kunci pada saat itu.
3. Undur-undur: akumarp nakareg
DLSB... Yg gampang2 saja. intinya sekalian melancarkan membaca, 
menghapal, syukur2 bahasa inggris sekalian. ada banyak kok idenya. 

Punya kolega - sesama undercover agent:
Yaitu punya penpal (bisa teman sendiri, bisa ibu bapak, bisa juga 
benar2 sahabat pena), terus nulis surat dgn sandi.  

Koleksi perangko
Bisa dari paman, bibi, ibu bapak, atau karena punya penpal, maka bisa 
koleksi perangko deh... terus diajari cara memelihara perangko

Herbarium
Jalan2 ke hutan kecil terus mengumpulkan daun-daun kering yang jatuh 
untuk herbarium atau digambar.... 

Origami, membuat kartu, bikin celengan (dan menabung), melukis.. Tapi 
yg paling saya sukai secara amat sangat: permainan....!  


Kirim email ke