Dari milis tetangga, mohon maaf jika kurang berkenan ....

---------- Forwarded message ----------
From: Tatang muttaqin <tata...@yahoo.com>
Date: 2009/4/13
Subject: [milis-ika-unpad] Re: Karena Politik Uang, PKS Gagal di Surabaya
To: milis-ika-un...@yahoogroups.com

Kalau Capresnya sama-sama SBY, yah pilih demokrat saja. Ini dalam konteks
magnet SBY.

Di TPS, setelah pencontrengan saya nanya-nanya, pilih partai apa, kenapa?
Ibu-Ibu yang sudah 'sepuh' dan kaum papa menjawab sama, BLT. Adapun para
guru baik negeri dan swasta menjawab ada tunjangan profesi dan tunjangan
non-PNS, adapun para PNS, gajinya naik terus dan ada gaji ke-13.

Nah, ini terjadi ketika APBN 2009 belum banyak yang 'cair', apalagi setelah
Mei-Juni nanti, BLT, PNPM, Tunjangan Guru, Dosen dan Profesor, serta rapel
PNS akan mengalir sehingga SBY tak tertahan!

Ideologis? Bukankah Demokrat yang jadi Ketua Pansus UU Pornografi, bahkan
untuk UU Bank Syariah atau UU Produk Halal juga lebih mudah melalui Parpol
'non-agama'. Demikian juga dengan Perda "Syariah" di Bulukumba atau di Kota
Tangerang dibuat oleh Kepala Daerah dari Golkar. Kesan di masyarakat umum,
Parpol "Agama" tidak memiliki kader yang cukup kompeten sehingga Mantan
Menteri jadi Walikota hanya 'makan dengan tangan kanan', hal ini terjadi di
banyak Kabupaten/Kota dan Provinsi. Di tingkat nasional, kira-kira ada nggak
Parpol yang memiliki calon Menko Ekuin se-canggih Sri Mulyani atau Budiono?
Padahal jika merujuk pada sejarah Islam, Nabi memilih Khalid Bin Walid yang
baru masuk Islam dan belum 'jelas' loyalitasnya sehingga diprotes para
sahabat, namun Nabi tetap memilihnya. Pesannya adalah, dahulukan kompetensi
bahkan dengan kebaikan (kejujuran) sekalipun. Orang kompeten bisa proaktif
bekerja, kalau sedikit melenceng dalam era demokrasi ada mekanisme check and
ballances, nah orang yang 'jujur dan beragama' tapi tidak kompeten khan
nggak bisa kerja apa-apa meskipun didorong-dorong. Wong nggak kompeten.
Kompetensi bukan hanya terkait bidang 'keilmuan' dan kesarjanaan, tetapi
kombinasi soft-skills dan hard-skills, makanya tidak sedikit Profesor masuk
bui alih-alih menorehkan prestasi emas dalam kekuasaan.

Ideologi barangkali masih penting dan relevan, tapi jangan lupa
"Ketidakbaikan yang terorganisir dapat mengalahkan kebaikan yang tidak
terorganisir", demikian kata Sahabat Nabi, Ali RA. Jadi mau sosialis,
kapitalis, islamis tidak terlalu pentinng yang penting tawarannya jelas dan
orangnya kompeten,  Dan akhirnya, masyarakat sudah makin cerdas untuk
memilih!

Salam hangat, Tatang