Kita bisa belajar bersama...

(Note: Pengantar Program Pendampingan Penulisan
Skripsi Independent)

Ditulis oleh:

Audifax[1]

Riset atau penelitian, kerapkali menjadi poin krusial
dalam kehidupan seseorang. Lho? Iya lah. Coba lihat
berapa orang yang tak bisa memperoleh gelar
kesarjanaannya gara-gara tak mampu membuat skripsi,
tesis, atau disertasi. Padahal, mereka telah
menyelesaikan dengan lengkap jumlah sks mata
kuliahnya. Lebih ironis lagi. Dalam mata kuliah itu,
terdapat pula mata kuliah-mata kuliah yang secara
khusus mengajarkan metodologi penelitian. Ini berarti
“ada yang salah” dalam sistem pengajaran kita. Yang
membuat skripsi pun kerapkali seperti belajar lagi
dari awal, hal-hal seperti statistik, validitas,
reliabilitas, dan pernik-pernik yang sebelumnya pernah
didapat di perkuliahan. Bahkan hal sederhana seperti
statistik pun tak jarang ditemukan salah justru ketika
sidang.

Ini belum lagi masalah-masalah seperti penolakan topik
penelitian karena alasan tak bisa diteliti atau
urgensinya apa. Lucu, padahal saya beritahukan pada
anda, tak ada hal di dunia ini yang tak bisa diriset
(tolong dibaca re-search; dicari ulang). Bahkan daun
yang bergerak dihembus anginpun bisa kita re-search.
Bukankah seorang Newton menemukan teori gravitasi
hanya ketika melihat apel jatuh? Orang lantas berkilah
bahwa itu adalah kejeniusan Newton. Bukan! Intinya
adalah Newton bisa melihat hal-hal yang bagi orang
lain dianggap biasa atau sudah tak dipersoalkan lagi.

Banyak hal-hal yang tak dipersoalkan lagi, ini adalah
kesalahan besar yang kerap terjadi dalam pendidikan;
terutama ketika anda tengah mengajukan topik dan dosen
dan mengatakan “buat apa diteliti?”. Pada titik inilah
pertumbuhan pengetahuan terhenti, lalu penelitian
menjadi terpola dengan cara pandang yang itu-itu saja.
Bukan hanya itu. Cara pandang yang “sangat terbatas”
ini berimplikasi pada munculnya berbagai persoalan
dalam penggarapan skripsi. Pemandangan ini sebenarnya
sudah saya temui beberapa tahun lalu ketika saya masih
aktif di sebuah komunitas di salah satu Fakultas
Psikologi ternama di Surabaya. Dua tahun saya keluar
dari dunia kampus, namun memori akan pandangan itu
kembali bangkit ketika Vincent Liong mengajak saya
untuk berjalan-jalan di sebuah Fakultas Psikologi di
Jakarta pada 26 Agustus 2005 lalu. Entah kenapa, dari
pagi hingga menjelang sore saya menemui berbagai
masalah dalam penelitian yang membuat saya dan Vincent
kemudian berpikir perlunya suatu terobosan.

Saya pribadi, lebih melihat bahwa sebagai peneliti;
mahasiswa yang tengah mengerjakan skripsi kerap
seperti “pejalan yang kesepian”. Sendiri dalam
melakukan hal yang dirasanya buta sama sekali. Apa
sebenarnya yang dibutuhkan? Pada kondisi itu, yang
dibutuhkan hanya teman yang bisa mendampingi,
berdiskusi, memberi masukan. Saya, Vincent Liong, dan
mungkin sejumlah partisipan lain, mungkin bisa menjadi
“teman pendamping” itu. Kita bisa berdiskusi, bahkan
kendati saya memang berkecimpung di bidang penelitian,
saya rasa akan selalu ada hal baru yang bisa saya
pelajari dari rekan-rekan mahasiswa yang tengah
menggarap skripsi. Mungkin kita bisa saling berbagi
metode, teknik, literatur dan berbagai hal lain.

Ini adalah bentuk pendampingan, bukan bimbingan,
apalagi joki skripsi. Saya tekankan, dalam
pendampingan ini, jabatan PENELITI tetap di tangan
anda. Andalah yang akan mempertanggungjawabkan hasil
penelitian beserta bahasannya. Anda tak harus menuruti
masukan saya, pilihan anda bebas. Pun jika anda
berhadapan dengan dilema antara masukan saya dan
pendapat dosen pembimbing atau pemegang otoritas lain.
Saya peneliti, anda juga peneliti, kita bertemu dan
saling berbagi, kira-kira begitu gambarannya. Jadi
anda dan saya sejajar. Ini bedanya dengan proses
bimbingan yang kadang justru hirarkis dan anda berada
di hirarki terbawah karena dianggap tidak tahu. Saya
tak menempatkan anda sebagai sosok tidak tahu. Sekali
lagi, Anda adalah PENELITI, anda adalah sosok yang
tahu apa yang hendak anda cari.

Tawaran ini, sebenarnya lebih kami tujukan pada
mahasiswa yang ingin “lulus”; bukan “lolos”. Jadi anda
tak harus membayar apa-apa untuk pendampingan ini.
Kuncinya Cuma mau belajar. Apa imbalan yang sebenarnya
kita dapat? Pembelajaran! Itu hal penting yang tak
ternilai. Kita bisa belajar bersama dan tak perlu
takut salah. Dalam penelitian, sebenarnya tak ada
benar-salah, yang ada adalah argumentasi. Jika secara
prosedural anda salah, otomatis argumentasi anda akan
lemah. Namun, perlu juga dicatat, sebuah kesalahan
pun, akan memberi sumbangan dalam penelitian.

Apakah tawaran pendampingan ini terbatas untuk tema
psikologi? Saya pribadi kok tidak melihat
pengkotak-kotakkan ilmu ya. Memang tak lantas saya
berpretensi sebagai ahli di segala bidang, tapi saya
pikir akan selalu ada ruang untuk belajar. Jika saya
tidak tahu, secara kelimuan, mungkin saya bisa berbagi
secara metodologis. Bidang-bidang yang sekiranya dekta
dengan psikologi, seperti komunikasi, ekonomi, mungkin
bisa pula berbagi. Tapi, sekali lagi, jangan
menempatkan saya sebagai sosok yang lebih tahu. Saya
peneliti, anda peneliti, dan kita bertemu untuk
berbagi; itu prinsipnya. Jika anda mahasiswa
komunikasi atau ekonomi, jelas anda menguasai ilmu itu
lebih daripada saya, namun dalam kemiripan metode
penelitian dalam ilmu itu, mungkin pengalaman saya
akan berguna.

Bagi mereka yang ingin bergabung, saya tawarkan untuk
bergabung di milis R-Mania[3]. Kenapa? Karena ada
pertanyaan-pertanyaan tertentu yang sifatnya tipikal
dan berulang. Jadi saya tak perlu mengulang-ulang
menjelaskan. Dalam forum itu, kita tak hanya bertanya,
tapi juga berbagi. Siapa saja bisa memberi masukan,
usulan, cermatan, bahkan bantuan. Misalnya ada yang
mau cari responden di Perumka, eh siapa tahu ada yang
punya akses ke Perumka dan bisa membantu. Atau bisa
juga saling bertukar literatur. Syukur-syukur kalau
bisa menjalin networking yang kelak bisa berguna buat
pengembangan karir.

Untuk konsultasi ‘Pra-Pendampingan Penulisan Skripsi’
(sebelum mendapat pendamping skripsi yang tepat)
silahkan menghubungi relawan kami dengan membuat
appointment ketemuan sebelumnya:

* di Jakarta: hubungi Paguyuban Vincent Liong
::7x24 Hours Costumer Service Representative Vincent
Liong::
Vincent Liong’s Mobile: (62)813-1679-5160
Drs. Leonardo Rimba,MBA[4]’s Mobile: (62)818-183-615
Email: <[EMAIL PROTECTED]>,
<[EMAIL PROTECTED]>
Groups:
Phone&Fax: (62-21)-5482193,5348567,5348546
Address: Jl. Ametis IV blok:G no:22 Permata Hijau,
Jakarta Selatan 12210 –Indonesia

* di Surabaya: hubungi R-Mania Surabaya (Research
Community)
Hotline: (031)-70209354 (Audifax)
Email: <[EMAIL PROTECTED]>
Groups: <http://groups.yahoo.com/group/R-Mania/join>

IKLAN Penyembuhan Ketergantungan Narkoba
Bilamana anda atau rekan anda yang terjebak dalam
Kecanduan Narkoba (jenis apapun) , kami Paguyuban
Vincent Liong memiliki Produk Terapi penyembuhan
narkoba dengan metode ala kami sendiri berupa terapi
konsultasi dan metafisika dalam enam kali pertemuan
dalam lima minggu. Silahkan hubungi kami. Kerahasiaan
klien terjamin…
Baca keterangan lengkap melalui Link:

Untuk diskusi-diskusi yang lebih khusus, bisa
menghubungi e-mail saya di: <[EMAIL PROTECTED]>.
Diskusi khusus misalnya anda ingin mengirimkan file
attachment skripsi anda untuk saya beri masukan. Jika
anda kebetulan di Surabaya atau saya kebetulan ke
Jakarta atau kota tempat domisili anda, tak ada
salahnya juga kita diskusi langsung. Tentu setelah
kita membuat janjian, agar waktunya tak bertabrakan
dengan aktivitas lain.

Kami menyarankan bagi para calon/pengguna jasa
pendampingan skripsi untuk join dalam beberapa
Yahoogroups yang merupakan bagian dari jaringan
komunitas kami:
* Paguyuban Vincent Liong
<[EMAIL PROTECTED]>
Link::
* Psikologi Transformatif
<[EMAIL PROTECTED]>
Link::

* R-Mania (Research Community)
<[EMAIL PROTECTED]>
Link:: <http://groups.yahoo.com/group/R-Mania/join>

Ok saya tunggu!

CATATAN-CATATAN:

[1] Peneliti; Institut Ilmu Sosial Alternatif (IISA) -
Surabaya

[2] Vincent Liong saat ini adalah mahasiswa semester
pertama di fakultas Psikologi Universitas Atma Jaya
NIM: 2005-70-108. Sejak tahun 2001 telah menulis tiga
buah buku: Berlindung di Bawah Payung (Grasindo:
2001), Menjadi Diri sendiri (ditulis tahun 2002 dan
tidak diterbitkan), Konsep ‘Saat Kiamat’ dalam Ruang
Individu (ditulis tahun 2003 dan tidak diterbitkan).
Note: Anda secara otomatis akan mendapat kiriman
attachment buku-buku ini per email bilamana join di
maillist Vincent Liong. Sejak bulan Maret 2003
mendirikan Paguyuban Vincent Liong yang saat ini sudah
beranggotakan 890 orang, Link:
Jabatan tetap Vincent Liong adalah sebagai Owner dan
Maskot paguyuban. Sejak Juli 2004 Vincent Liong aktif
mengadakan praktek by appointment, training & workshop
di bidang psikologi non akademik, metafisika,
spiritual, dsb dengan jumlah peserta/klien mencapai
ratusan orang. Sekali dalam sebulan paguyuban Vincent
Liong mengadakan acara bakti sosial di tingkat public
umum berupa workshop dan praktek menerima pasien.
Sejak awal tahun 2005 Paguyuban Vincent Liong
mengadakan program penyembuhan ketergantungan Narkoba
secara privat one-to-one. Spesifikasi Vincent Liong
adalah untuk Terapi Perkembangan Spontanitas,
Sensitifitas dan Kreatifitas dalam menghadapi
masyarakat. Penyembuhan ketergantungan (secara fisik
dan non fisik) merupakan spesifikasi dari Drs.
Leonardo Rimba,MBA.

[3] Saya(Audifax) dan Vincent Liong, biasanya banyak
bermain-main di milis psikologi transformatif. Namun,
saya rasa, kalau memang tujuannya spesifik untuk
diskusi riset, saya rasa di milis R-Mania akan lebih
baik. Milis Psikologi transformatif terlalu luas
topiknya dan lebih banyak mewacana. Milis R-Mania
lebih banyak beranggotakan mahasiswa yang pada tahun
2002-2003 mengambil kelas metodologi Penelitian II,
terutama dari fakultas Psikologi Universitas Surabaya
angkatan 2000-2001. Jadi, jangan takut mengungkapkan
atau berwacana. Milis ini tidak “seseram” milis
psikologi transformatif di mana banyak orang-orang
yang sudah memiliki kematangan berwacana beradu jurus
di sana. Saya menangkap ada ketakutan bagi sebagian
orang untuk berwacana di milis psikologi
transformatif.

[4]Drs. Leonardo Rimba,MBA adalah lulusan jurusan Ilmu
Politik FISIP Universitas Indonesia tahun 1992 dan
lulus program MBA jurusan Finance dari the
Pennsylvania State University tahun 1994. Profesi
sebagai wiraswasta dan konsultan spiritual. Menangani
konsultasi mencari solusi dengan Tarot untuk umum
sejak tahun 2003. Melayani terapi penyembuhan
ketergantungan narkoba secara privat one-to-one sejak
awal tahun 1999, Info selengkapnya, baca melalui Link:
Bagian Penyembuhan ketergantungan (secara fisik dan
non fisik) merupakan spesifikasi dari Drs. Leonardo
Rimba,MBA. Spesifikasi Vincent Liong adalah untuk
Terapi Perkembangan Spontanitas, Sensitifitas dan
Kreatifitas dalam menghadapi masyarakat. Leonardo
Rimba adalah Co-Partner Vincent Liong dan merupakan
salah satu Moderator/Pengurus aktif dari Paguyuban
Vincent Liong.

http://us.click.yahoo.com/FXrMlA/dnQLAA/Zx0JAA/uTGrlB/TM