On 14 Nov 2005, at 10:55, Nathanael wrote:

> [...]
> tegas.
>
> Pak JH yang baik, melihat semua email Anda tampaknya
> yang Anda ungkit terus-menerus adalah mengapa orang
> Kristen tidak menginternasionalisasi kekerasan atas
> nama agama yang terjadi di Indonesia saat sekarang
> ini.
>
> Mungkin off the record di kebanyakan media Indonesia,
> namun jelas sekali upaya ini telah dilakukan oleh
> orang2 Kristen, terutama para pendeta Kristen yang
> notabene mempunyai link dengan NGO-NGO luar negeri.
> Orang Katholik? Paling hanya seruan Vatikan.

    Saya tidak tahu apa yang terjadi sekarang, tapi hingga akhir abad
    yang lalu, orang Nasrani, baik katolik maupun protestan TIDAK
    berusaha untuk membawa masaalah penindasan orang Nasrani di
    Indonesai,  ke duni internasional.

    Dan ini saya tahu karena saya - yang bukan orang Nasrani - yang
    berusaha dulu membawa masaalahnya ke dunia internasional.

    Saya bawa ke opini umum Eropa, terutama Belanda masaalah
    penindas orang Nasrani di Indonesia. . .

    Saya bawa ke PBB, antaranya.

    Dan tiap kali saya hubungi lembaga Nasrani (Katolik atau
    Protestan) di Eropa untuk meminta, agar mereka membawa
    maswaalahnya ke opini  umum atau ke lembaga negara dan lembaga
    internasional,  saya selalu dapat jawaban: 'PGI (atau DGI) KWI
    (MAWI) meminta kami untuk TIDAK berbuat apa-apa.

> Pak JH, sekarang mari kita bertanya dalam hati.
> Indonesia ini bukan hanya milik orang Kristen dan
> Katholik saja, termasuk juga orang Muslim, Hindu,
> Buddha, agama-agama lain, bahkan orang-orang yang
> atheis -secara deskriptif/masih dalam pencarian-. Jika
> negara ini milik dan tanggung jawab kita bersama, dan
> jika Anda masih mencintai negara ini, marilah kita
> bersama-sama memperjuangkan kasus ini. Tidak perlu
> saling menyalahkan.

    Saya salahkan apa yang salah.

    Dan saya benarkan apa yang benar.

    Dan orang Nasrani Indonesia juga kudu sanggup melihat kesalahan
    mereka.

> Jika Anda tetap berpendapat
> Pancasila adalah kesalahan orang Kristen di masa lalu,
> saya tidak akan mendebat/meluruskan pendapat itu,
> mengapa?Karena sepanjang apapun saya mendebat, kecil
> kemungkinannya akan mengubah pandangan Anda. Dan
> kedua, bagi saya pribadi, sekalipun pandangan Anda itu
> benar, namun bagi saya Pancasila itu bukan berarti
> suatu Teokrasi.Intinya, kita tidak akan pernah maju
> jika kita hanya berdebat tentang masa lalu.

    Hingga hari ini Pancasila masih berlaku di Indonesia

    Dan Pancasila itulah yang memungkinkan orang Islam menindas
    orang Nasrani.

    Hingga hari ini minoritas masih ditindas oleh orang Islam.

    Hingga hari ini.

> Sekali lagi, jika Anda masih mencintai negara ini,
> mari kita perjuangkan kemerdekaan sejati di Indonesia
> ini. Baik dalam hal ekonomi, sosial, dan yang
> terpenting beragama. Atau sekalipun Anda begitu tidak
> menyukai negara ini, setidaknya Anda masih bisa
> memperjuangkan hal ini, untuk apa? Untuk pemurnian
> ajaran Islam. Meskipun saya seorang Katholik, namun
> teman2 saya banyak yang Muslim, dan melalui mereka
> saya bisa melihat perdamaian dan pluralisme yang
> sangat dijunjung dalam Islam.
> Terima Kasih
>
> Salam pluralisme,

    Pluralisme tidak cukup.

    Yang saya tuntut adalah kebebasan untuk beragama dan
    untuk TIDAK beragama.

    Seperti di Amerika.

    Seperti di Perancis.

    Seperti di negeri Belanda.

    Seperti di Turki.

    Dll. negara sekuler.

    Yang saya tuntut adalah pemisahan urusan agama dari urusan negara.

    Yang saya tuntut dibuangnya Pancasila ke keranjang sampah
    sejarah.

    Dan ini telah saya katakan - dan saya jelaskan - sejak zaman
    "Indonesia-l".

> Nathanael

> This is my simple religion. There is no need for temples; no need for
> complicated philosophy. Our
 own brain, our own heart is our temple; the philosophy is kindness.

http://forums.apakabar.ws

> IKLAN:
> 99% iklan pasti TIDAK akan lolos - percuma dikirm
>
> Iklan bisa juga dimuat di apakabar.ws tapi harus yang disetujui moderator,
> bukan sebarang iklan -
 biaya iklan dibayarkan ke BSA

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/uTGrlB/TM