tahun lalu waktu gua ke belanda sempet beli bonggol/umbi bunga tulip.
 iseng doang siapa tau bisa tumbuh di indonesia.
 waktu itu gua belinya di toko souvenir sekitaran amsterdam centraal.
 dibanding dgn di bandara schiphol, beli di situ emang jauh lebih murah.
 kalo ga salah waktu itu cuman 5 euro dapet 10 bonggol jenis tulip warna warni.
 di bandara harganya 2x-3x lipat.
 cuman ada tapinya nih, waktu gua beli di situ si penjual ngga ngasih info apa2
gimana cara nanemnya dll.
 trus ngga ada sertifikatnya, jadi ada risiko di bandara bakalan kena cekal
kalo ketauan
 bawa taneman ke pesawat.
 sampe indonesia, untungnya lolos dari x-ray beacukai.
 langsung gua tanem, sebagian gua kasih ke emak gua, trus sama emak gua
sebagian dikasiin sama tetangganya.
 yg gua tanem ngga tumbuh samasekali alias mati dlm beberapa hari.
 yg ditanem emak gua sempet keluar "sihung" alias semacam tunas kecil, tapi
lama2 mati juga.
 yg ditanem tetangga emak gua nasibnya sama, mati muda kayak yesus.

 nah kemaren di belanda gua iseng beli lagi itu bibit tulip.
 (setelah sebelumnya terpaksa otak sapi yg gua bawa dari indonesia mesti
 gua buang gara2 si uplik ngga mau ngambil).

 kali ini gua belinya di bandara pas mau pulang ke indo.
 harganya emang lumayan mahal, tapi gua penasaran sama kegagalan tahun
 lalu jadi gua beli aja, kebeneran ada beberapa keping recehan euro.
 pas gua mau bayar, si kasirnya nanya "anda mau pulang ke mana?" gua bilang
"indonesia".
 "oh, sini saya jelasin cara nanemnya. nanti sampe indonesia jangan langsung
 ditanem, tapi simpen dulu bibit tulip ini di freezer selama 6-8 minggu, abis
itu baru boleh ditanem. ini kartu petunjuknya" katanya sambil bilang makasih
setelah gua bayar.

 ooo jadi gitu toh cara nanem tulip, mesti ditaro dulu di freezer 2 bulan baru
boleh ditanem.
 gua tanya temen gua yg orang belanda kenapa mesti gitu, dia bilang mungkin
 si tulip ini "jam biologisnya" kudu di-adjust dulu kalo mau ditanem di negara
yg
 musimnya berbeda.
 jadi memasukkan bibit tulip ke freezer itu ibaratnya membuat simulasi winter
selama 2 bulan. setelah 2 bulan di freezer si tulip akan menyangka musim dingin
sudah selesai dan waktunya untuk tumbuh dan berbunga.

 sekarang si tulip masih hibernasi di freezer gua.
 kalo teori menurut kartu petunjuk bener, maka 2 bulan lagi akan ada satu2nya
 bunga tulip yg tumbuh di kota gua, atau mungkin di indonesia (gua ngga tau
 di taman bunga nusantara yg di cipanas itu ada bunga tulip apa ngga).

 sambil menunggu tulip gua bangun dari hibernasi, mari kita simak cerita habe
berlibur di montreal (mana nih beh?).

Kirim email ke