Ass.W.W
Terlampir saya forwardkan sebuah tulisan kiriman seorang kawan,yg mana
isinya sangat relevan dgn hari raya idul adha atau hari raya idul qurban yg
sebentar lagi akan datang.Mudah2an tulisan ini bermanfaat untuk kita
semua,amin.

Wassalam,
M. Ismet Ismail

 QURBAN

 Suatu siang yang panas di penjualan kambing kurban, waktu itu seorang
 wanita minta ditemeni beli kambing untuk aqiqah putranya...

 Setelah pilih-pilih kambing, saya lihat kambing yang paling bagus 'n gemuk,
 temen saya nawar harganya, ehh ... ternyata terlalu mahal untuk ukuran
 kantong temen saya...

 Tiba-tiba datang seorang nenek tua, kira-kira berusia 70 tahunan,
 ternyata dia mau beli kambing juga. dan milih kambing yang kami pilih.

 Iseng-iseng saya tanya, "buat apa kambingnya nek? si nenek bilang kalau dia
 mau beli kambing buat kurban. trus saya tanya lagi, "kok belinya sendiri
 emangnya nggak ada anak, atau saudara nenek yang mau nganterin untuk beli
 kambing.??? "

 ehhh, ternyata si nenek udah lama hidup sebatang kara, 'n untuk ngidupin
 kebutuhan sehari-hari dia jualan sapu lidi yang dibuatnya sendiri dari
 pelepah daun kelapa dan daun pisang.

 iseng-iseng saya tanya, "subhanallah yach nek, nenek masih sanggup
 berkorban." Si nenek pun tersenyum 'n ini satu hal yang nggak bisa ane
 lupain, ternyata si nenek bukan saat itu saja berkorban tapi sudah beberapa
 tahun ia berkorban.

 Teman, ternyata dia menabung setiap hari seribu rupiah, hasil menjual sapu
 lidi dan daun-daun pisang. trus dia bilang, "neng, gusti Allah sudah
 demikian sayang sama nenek, tiap hari Dia memberi nenek nikmat-nikmat yang
 hanya dapat nenek hargai dengan seribu rupiah sehari, neng kalau Dia
 memberi rezeki lebih, sebenarnya nenek ingin pergi haji, tapi neng tahu
 sendiri ongkos ke sana berapa dan fisik nenek udah nggak memungkinkan ...

 Nenek tahu gusti Allah Maha kaya dan nggak perlu dengan uang seribu yang
 nenek korbani tiap hari, tapi hanya ini yang bisa nenek korbankan untuk
 membalas setiap nikmatNya...

 Teman, saya jadi malu pada diri saya sendiri, ternyata seorang nenek mau
 bersusah payah berkorban tiap tahun untuk membalas berjuta nikmat yang
 telah dilimpahkanNYa tiap hari, sedang saya yang telah di beri rezeki lebih
 terkadang masih merasa sayang, bila harus membeli kambing untuk
 berkorban...

 walaupun peristiwa ini sudah terjadi 5 tahun yang lalu tapi kalau idul adha
 tiba ane selalu teringat sama si nenek...

 "Mulailah dari hal yang terkecil,
 Mulailah dari diri sendiri,
 Mulailah dari sekarang juga!"

 Wallah?'alam b?shawab Wab?llah? ta?f?k walh?dayah,
 Wassalam?'ala?k?m warahmat?llah? wabarakat?h.