“Gue mimpi ngunting pita”

Walaupun gue jelek, tapi gue ingin negera ini cantik.
Untuk itu gue berpartisipasi dalam politik, walaupun
sebenernya orang-orang ngelarang untuk itu. Tujuan gue
baik kok, ingin negara ini cantik. Muliakan?

Orang memanggil gue kiyai. Lo tau sendiri kan, kiyai
berarti orang yang ilmu agamanya banyak. Ayat apa sih
yang gak gue apal? Gue juga tau semua hadis. Karena
gue banyak apal ayat dan hadis inilah makanya
orang-orang banyak yang ngaji ama gue, sampe gue
diangkat sebagai ketua ini ketua itu. Wow…lumayanlah,
gue jadi sering masuk tipi (tapi gue belum pernah
masuk bui loh yah..)

Sebagai ketua organisasi ini itu, gue sangat
diperhitungkan. Orang-orang pada ngerebutin gue,
walaupun cuma buat acara seremonial ngeguntingin pita
(gapapa yang penting masuk tipi, orang-orang hormat
ama gue, duduk di kursi mpuk,bisa jalan-jalan ke luar
negri)…

Gue tau, dalam Quran, rizal adalah pemimpinya nisa,
tapi untuk kali ini terpaksa gue budek-budekin dikit
kuping gue. Gue mati-matiin dikit hati gue. Nanti gue
cari ayat lain yang bisa ngegolin kontroversial rizal
pemimpinnya nisa itu. Ini kesempatan bagi gue buat
bikin negara ini cantik. Kapan lagi? Ya gak seh?

Orang-orang pada marah ama gue. Mencibir gue, mereka
bilang “Gimane seh lo, lo kan ketua, kok di bawah
ketek cewek seh?”

Ada lagi yang nyatain kekecewaanya ama gue, dia
bilang, “Pak kiyia piye toh, mbok ya sadar, sampeyan
ini ulama, eling dung”

Banyak lagi lah yang ngenyek gue, banyak yang sebel
ama gue, tapi biarin aja mereka itu, paling mereka
sirik ama gue, emang gue pikirin? Yang penting gue
happy (he he, gue bisa bahasa inggris juga rupanya)…

Duh…..mata gue lama-lama kok sepet juga ya. Hati gue
kok tiba-tiba gimina gitu rasanya. Cuek aja ah, maju
tak gentar membela yang benar gitu kata guru gue

“Siapa Tuhan, nabi, agama mu?
“Kemana kau bawa ummat yang kebinggungan?”
“Untuk apa kau gunakan ayat dan hadis yang kau hapal?”

Keringat ijo keluar dari kulit gue, gue menggigil dan
gemeteran. Malaikat nanyain gue. Matanya tajam.
Tiba-tiba gue merasakan panas yang amat sangat. Gue
sendirian bertarung dengan api yang hampir
menjilat-jilat fisik gue. Gue berlari menghindar, tapi
boro-boro, merangkak aja gue gak bisa. Api itu semakin
dekat, suara malaikat semakin keras menanyakan gue….

“Oh…tidak….tidak….tolong gue…tolong…….Tuhan?….aduh
siapa yah? Tiba-tiba kok gue lupa, dulu sering gue
sebut di mesjid……nabi? Apa itu nabi? Duh kok gue
tiba-tiba jadi bolot gini seh? Agama? Duh, makhluk
apaan tuh?…….gue kok jadi P-A gini sih ya?”

“Api!…….….Api!…..itu Api!…………………………………………..Api
berhasil menjilat gue….panas…..panas
tenan…tidak…tidak…tolong…tolong……aduh, iki opo lagi?
Cambuk
besar?…tidak…sakit….sakit….sakit……….tolonggggggg!!!”

Gubrak!!!!
Gue mimpi bo…..!
Astagfirullah……Astagfirullah……untung cuma mimpi…..
Gue mimpi ngunting pita…..(yah….masa cuma ngunting
pita, nggak mutu amat yah mimpi gue?)payah euyh!!!

=====
"Bersihkan hati, sucikan jiwa, raih kemenangan"

Yesi Elsandra