Assalamualaikum Wr Wb

Ada baiknya saya teruskan tulisan saya mengangkat apa perlunya RantauNet menempatkan membina silaturahmi ini menjadi salah satu tujuannya, yang sampai saat ini saya anggap masih pada posisi pertama.

TUJUAN

Komunitas ini bertujuan:

  1. Menjalin dan membina hubungan persaudaraan (silaturahmi) antar orang Minang secara umum dalam suasana "Rumah Gadang Cyber" di Kampung Global Internet.

Dalam komunikasi didarat untuk membangun silaturahmi kita melakukan banyak hal, misalnya kita bertandang ke rumah tetangga secara reguler. Kita mengunjungi kedai kopi pada waktu waktu tertentu. Kita melakukan sesuatu hal untuk mengimbangi upaya kita membangun silaturahmi, misalnya berolah raga teratur ke lapangan tenis pada setiap hari Minggu. Meskipun ada juga yang dibalik, tujuan utamanya berolah raga dan sampingannya membangun silaturahmi.

Kemudian ada club-club dibentuk untuk membangun silaturahmi. Ada club penggemar MOGE (motor gede), terdiri dari orang-orang penggemar motor gede yang bukan cuma bentuknya saja yang gede, tapi perlu "gede" yang benar benar nilainya gede - Harley Davidson. Kalau ada yang punya motor BSA butut seperti motor penarik becak di Siantar, mungkin pemiliknya akan dipertanyakan kalau mau daftar jadi anggota. Dengan ikut club, mereka akan membangun silaturahmi sehingga mereka bisa masuk kekelompok atau ke klas tertentu.

Dengan terbentuk silaturahmi akan dapat dibangun rasa tolong menolong, saling membantu untuk kepentingan tertentu sesuai dengan tujuan perkumpulan. Apakah benar silaturahmi ini penting? sehingga kita tempatkan di posisi pertama dalam urutan tujuan komunikasi kita? Melihat apa yang dilakukan oleh beberapa organisasi, perkumpulan, club, maupun kelompok kecil-kecilan di kedai kopi, yang sudah berupaya membangun silaturahmi, rasanya penting. Karena dengan silaturahmi pekerjaan lain akan jauh lebih mudah dilakukan.

Bagaimana pendapat sanak lainnya?

Wassalam,
Ridwan M. Risan
Public Relation (ditunjuk)