Assalamulaikum WW

Saya ingin memberi sedikit tanggapan yang mungkin agak berbeda. Apakah
Randang itu milik orang Minang atau milik Sumbar. Jangan se-Sumbar dulu
bahwa randang itu adalah milik Sumbar. Setahu saya Randang adalah milik
Minang, ingat Sumbar adalah bagian dari Minang. Orang Riau nan di Bangkinang
adalah urang Limo Puluah luhak asli dari ranah Minang. Jadi seluruh orang
Minang berhak mematenkannya. Di Malaysia ada satu negara bagian yang adalah
beradat Parpatiah nan Sabatang yaitu Negeri Sembilan. Apa mereka ini tidak
berhak atas paten Randang?

Sekarang sebagai contoh, anak saya yang warga DKI keturunan Minang tidak
berhak mengklaim atau mematenkan randang. Ingat aturan pematenan adalah
siapa yang dulu dan dia berhak atas itu, maka paten adalah milik dia. Kini
orang / Pemda Sumbar ya ngaku kalah sajalah, kan memang selalu "takana cakak
sasudah gayuang"

Mungkin ada jalan yang manis untuk ditempuh, yang dipatenkan adalah Rendang.
Kini orang yang ketinggalan kereta yang bernama Sumbar bisa juga mematenkan
Randang, nggak ada salahnya kan?

Barajalah agak sportif dalam berkompetisi, kita tertinggal dalam adu
kencang, urang dimuko ditungkai atau disepoh, itumah namanya galia alias
curang mek. Itu makanya jangan suka se-sumbar.

Wass. WW
St.P