Assalamualaikum wr. wb.

Beberapa waktu lalu saya iseng-iseng cari literatur karangan Alm. Hamka di
Lybrary UNSW. Hasilnya bertemu paling tidak 8 buku. Salah satu diantaranya:
Buku: Tuanku Rao, antara data dan Fakta ...(?) lupa.
Buku ini merupakan kumpulan tulisan Buya di koran Haluan yang mengupas isi
tulisan dalam buku "Tuanku Rao" karangan Parlindungan.

Parlindungan mengklaim menyusun buku itu untuk meluruskan sejarah Minang
Kabau, khususnya yang berhubungan dengan masuknya ajaran Islam.
Juga Parlindungan dalam bukunya mencela para Tuanku, seperti Tuanku Imam
Bonjol dll. Dikatakan bahwa gerakan Paderi berhubungan dengan pemerintahan
dari Turky, dimana tersebut Haji Piobang yang dikatakan berpangkat Kolonel
Kavelry dalam angkatan perang Turky.
Perang Paderi dikatakan sebagai perang yang kotor yang tak ubahnya sebagai
upaya pencamplokan dan ekspansi.

Anehnya, Parlindungan mengklaim buku itu bersumber dari catatan-catatan tua
yang turun-temurun berasal dari Keluarga Tuanku Rao. Dan Catatan-catatan
yang dikatakan otentik itu telah dibakar dan tersisa 2% saja. Dari bahan
yang 2% itulah buku "Tuanku Rao" itu disusunnya.

Buku Parlindungan ini adalah tulisan pertama 'tampil beda' dalam penulisan
sejarah Minang Kabau. Dan setelah itu menyusul beberapa tulisan yang
mengutip isi buku "Tuanku Rao"-nya Parlindungan (Menurut pengakuan
Parlindungan sendiri.

Saya saya tak berhasil mendapatkan buku "Tuanku Rao" itu. Namun sebagian
penyimpangan buku itu telah dikupas secara Detail oleh Alm. Buya Hamka.

Dugaan saya, tulisan seperti diforwardkan di Darut-Tauhid itu mengambil
sumber dari buku "Tuanku Rao" karangan Ir. Parlindungan. Wallau a'lam.

Mungkin Bapak, sarato Mamak nan punyo akses ka librari bisa mancubo mancari
buku "Tuanku Rao" tu. Mungkin di Amerika, Eropa, atau di kampuang.

Wassalam,

Henmaidi

>From: Afdal Koto <[EMAIL PROTECTED]>
>sia sabananyo urang yg mempostingkan iko di milis daarut tauhiid
>darimaa nyo dapek sumbernyo
>jan jan carito iko samo jo black mail lainnyo...
>tujuannyo untuak maagiah infomasi yg  manyesatkan
>
>afd

Ket: [email_anda] = isikan alamat email anda tanpa tanda kurung