Assalamu'alaikum wr.wb.,

Kalau anda berkata benar tentu anda tidak berbohong.
Waktu anda berbohong tentu kata-kata anda tidak benar.
Waktu anda sering-sering berbohong artinya anda sering
berkata tidak benar. Artinya anda pembohong. Kalau
anda pembohong, orang jadi sulit percaya apakah
kata-kata anda benar meskipun yang anda katakan itu
kebenaran. Kalau anda senantiasa mengatakan yang benar
berarti anda bukan pembohong. Pada waktu anda sekali
waktu mengatakan hal yang salah orang mungkin akan
mengatakan anda keliru atau khilaf. Tapi kalau
kekeliruan itu berulang-ulang orang mulai
bertanya-tanya, apakah anda sudah jadi pembohong?
Apalagi kalau sudah ketahuan bohong anda tidak mengaku
pula, maka anda akan dicap orang pembohong besar.
Karena satu kebohongan yang dipungkiri akan membawa
kebohongan-kebohongan baru sehingga menjadi akumulasi
kebohongan.

Nah saya takut kalau-kalau yang saya tulis ini juga
menjadi sesuatu yang memerlukan pengujian kebenaran,
jadi saya akhiri saja sampai disini. Insya Allah saya
tidak bohong.

Wassalamu'alaikum wr.wb.,

Lembang Alam

--- Syaifuddin Ma'rifatullah <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> Bismillaah, Ar-Rahmaan, Ar-Rahiim
>
> Berbohong ?
>
> Apa itu berbohong ? Berbohong berasal dari kata
> "bohong", yang artinya
> "kalau tidak berkata benar ya bohong !". Begitulah
> kira-kira arti
> gampangnya. Kalau kita "berkata benar", berarti kita
> tidak bohong. Benarkah
> kita sudah berkata benar ?
>
> Hari-hari ini, banyak orang berkata "dia itu telah
> berbohong". Akan tetapi
> saya sendiri tidak tahu apakah yang berkata itu
> telah "berkata benar".
> Sepertinya saya harus memohon bantuan
> [...]

Ket: [email_anda] = isikan alamat email anda tanpa tanda kurung