salam,

Dari komentar dunsanak ko nampak kalau laki-laki minang itu cuma "tukang"
ngatur duit saja, bukan "bos" atau yang empunya hartanya.  Kalau istilah di
bisnis modern, cuma sebagai manager saja bukan sebagai komisaris atau
pemilik perusahaan.  Ya, nggak apa-apa sih kalau laki-lakinya sudah puas
sampai "karir" tersebut.

Kalau memang sebagian besar urang minang merasa tidak diusir karena
merantau, apa bukan karena memang sudah nggak bisa ngapa-ngapain?  Sudah
pasrah saja?  Karena menurut saya pribadi, lebih enak tinggal di kampung
sendiri daripada tinggal di rantau.  Betul, kita mendapat pengalaman, ilmu
dll. sb di rantau orang.  Tetapi bak kecek urang gaek-gaek, hujan emas di
rantau urang, hujan batu di kampung sendiri, tatap juo kampuang surang nan
labiah disukoi.  Saya pengen tahu, apa dunsanak pernah menanyakan secara
jujur pada orang di rantau itu, mereka benar-benar suka hidup di rantau atau
karena nggak ada pilihan lain?.  Saya banyak bertemu dengan orang di rantau,
secara garis besar ada dua golongan yang berdasarkan ekonomi dan hubungan
emosional dengan kampungnya.  Pertama, golongan yang mampu.  Mereka akan
lebih tinggi frekwensinya pulang kampung.  Kedua, yang agak kurang
beruntung, akan cuma bisa merindukan pulang kampung dan menciptakannya dalam
mimpi.  Aapalagi bagi yang sudah berkeluarga, o alah... berapa biaya yang
diperlukan untuk ongkos pulang?  Belum lagi biaya untuk mentraktir, membeli
hadiah, jalan-jalan di kampung dsb.  Dari dua hal tersebut, makanya saya
mengatakan bahwa orang merantau dan hidup di ranatau itu lebih berat ke
"terpaksa"nya daripada "sukarelanya".

Kalau waktu muda, memang enak untuk tidur di surau, merantau ke negeri
orang.  Tetapi sesudah capek jalan-jalan, ilmu dirasa sudah cukup, apa
perasaan itu masih sama?

wass.

>  Kurang sasuai ambo kalau laki-2 di Minang di kecekkan warga kelas
>  duo....karano walaupun harto pusako jatuah ka padusi...tapi tetap juo
Niniak
> [...]

>  Antah ko indak malu barabuik jo padusi.........????
>  Kalau ambo iyo malu ambo nyo.........tapi kalau sanak tasarah.....
>  Tapi kalau nio barabuik jo padusi juo.... rancak di tuka dulu sarawa tuh
jo
>  Rok.....
>

>  Sagitu sajo dari ambo....mungkin banyak yang lain nan nio manambahkan....
>

>  Wassallam,
>

>  RantauNet http://www.rantaunet.com
>
>  Isikan data keanggotaan anda di http://www.rantaunet.com/register.php3
>  Keterangan: [email_anda] = isikan alamat email anda tanpa tanda kurung

Send a cool gift with your E-Card
http://www.bluemountain.com/giftcenter/