From:    [EMAIL PROTECTED]
Sent:    Wed, 26 Sep 2001 18:55:28 EDT
To:      [EMAIL PROTECTED]
Subject: [RantauNet] Azan Menggema di New York

From:    [EMAIL PROTECTED]
To:    [EMAIL PROTECTED]

September. 26, 2001 00:23:54 WIB
Gema Adzan, Lantunan Ayat Qur`an di New York City

Kiriman: M. Syamsi Ali
Alamat : New York City

ALHAMDULILAH, tanggal 23 September 2001, di kota New York dilaksanakan acara
"Pray for America". Acara ini dilaksanakan oleh pemerintahan walikota, dengan
melibatkan semua unsur (yang dianggap oleh mereka) sebagai agama.

Saya dan Imam Izekil Pasha, yang juga Head chaplain NYPD mewakili komunitas
Muslim dalam acara tersebut. Kalau ikhwah yang di USA mungkin nonton, karena
acaranya ditelevised langsung, hampir oleh semua channel, termasuk CNN.

Acara yang dihadiri oleh mantan Pres. Bill Clinton, Sen. Hillary Clinton,
Sen.Schummer, Gubernur Pataki, Mayor Guliani dan seluruh pembesar NY,
menghadirkan seluruh pemimpin agama untuk berdoa.

Dari kalangan Yahudi tampil Rabbi Shnair, teman karibnya Gus Dur. Setelah
acara, Rabbi ini sempat ngomong dengan saya, katanya baru pulang memberi
ceramah di Medarasah-nya Gus Dur. Juga lima Rabbi lainnya, termasuk Presiden
Board of Rabbi of NYC.

Dari Katolik dipimpin O`cono dari Saint Patrik Cathedral, dari Kristen juga
banyak. Acara yang dipandu oleh Oprah Wenfrey ini, mendapat sambutan antusias
dari warga New York.

Hampir 70.000 manusia memenuhi stadium Yankee, lapangan baseball terkenal di
NYC tersebut. Setelah para Rabbi berdoa dan menyampaikan refleksi singkat
mengenai tragedi tersebut, disusul oleh para pendeta Katollik, diperkenalkan
tim Muslim oleh Oprah.

Saya yang diminta mewakili Ummat Muslim membaca do`a, tampil instead, dengan
bacaan-bacaan Al Qur`an. Ayat-ayat saya ambil dari Al Hujurat: 13, Al Maidah:
8, dan Surah An Nash. Saya memilih ayat-ayat ini karena bagi saya, ada
beberapa messages yang ingin disampaikan ke audience.

Alhamdulillah, entah basa basi, ketika adzan dikumandangkan oleh seorang
Muallaf dari Harlem, semua diam terhenyak. Ketika ayat-ayat dilantunkan,
semua diam membisu. Ini juga dikabarkan oleh seorang rekan yang berada di
tengah-tengah massa. Berbeda misalnya ketika Yahudi meniup terompet, atau
Sikh menyanyi, mereka pada cekikikan. Rupanya, kharima adzan dan Qur`an
demikian besar.

Saya pribadi, yang duduk di tengah-tengah pemimpin agama kota New York merasa
terharu dengan event tersebut. Bahwa untuk pertama kalinya, di
kota New York, dan mungkin di AS, dan secara langsung disiarkan oleh hampir
semua channel, termnasuk CNN adzan dan bacaan Al Qur`an dibacakan dihapan
puluhan ribu manusia.

Seorang teman, yang baru masuk Islam di Nikaragua, menelepon saya. Katanya
dia juga bisa menonton acara tersebut dalam CNN in Spanish.
Syukur kita panjatkan, bahwa ditengah gencarnya musuh-musuh Islam
melancarkan "media wars"nya, juga terjadi penyadaran yang luar biasa.

Saya ingin mengingatkan rekan-rekan, bahwa persepsi yang menghubungkan
kejadian WTC dan Islam maupun Muslim sudah dapat dieliminir. Untuk itu, yang
namanya sweeping-sweeping atau apapun namanya, mungkin perlu dilihat kembali
asas manfaatnya.

Bahkan dalam pengamatan saya, justeru yang harus ditekan adalah pemerintah
kita sendiri untuk memperlihatkan posisi yang tegas. Karena penyerangan yang
dilakukan ke Afghan, kalau jadi, itu adalah kebijakan pemerintah. Maka yang
pantas merespon adalah juga pemerintah. Saudi menolak, Mesir menolak, Kuwait
dan Imarat menolak. Lalu Indonesia, yang well known as the largest Muslim
country in the planet, nggak ketahuan arahnya.

Jadi sekali lagi, target not Americans, kecuali kalau berbuat onar dan salah
atau spreading mischief in Solo, misalnya mabuk-mabukan, dll. Tapi kalau
mereka datang dengan baik-baik, justeru seharusnya didatangi dan dida`wahi.

Jadikan mereka tentara Allah (jundullah) sebelum pulang ke negerinya. Jangan
dikerasi, ditakuti, karena yang mereka tangkap, mereka yang melakukan itu
adalah mewakili "kepercayaan" (agama) yang dimilikinya.

Akhirnya, inilah yang akan menjadi persepsi umum di negara mereka.

Ikhwah fillah, ketika saya menulis email ini, saya baru bincang-bincang
dengan pak Sumargono di sini. Beliau sedang di NY bersama presiden.
Beliau juga sependapat setelah mendapat informasi dari saya.

Insya Allah sore ini, atau dalam perjalanan pulang nanti akan memberikan
press briefing kepada para wartawan mengenai hal ini.

Demikian dari saya, salam hangat dari New York. Perjuangan masih panjang,
maka kita perlu "conditioning" untuk jangka panjang pula.
Jangan kita menjadi seperti kata Rasulullah "walaakinnakum wawmun
Musta`jiluun" (serba tergesa-gesa, in a day every thing will happen).

Wassalam,

M. Syamsi Ali
[MIL]

Dutamardin Umar

Visit http://www.visto.com.
Find out  how companies are linking mobile users to the
enterprise with Visto.