-----Original Message-----
From: Bandaro <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED] <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Friday, September 28, 2001 5:37 AM
Subject: [RantauNet] Tamasya dengan Dana APBD

> [...]
>bagaimana pula dengan anggota DPRD yang mempunyai dua istri?
>
>Ketua Panitia Anggaran DPRD Sumbar, Arius Sampeno Datuk S Garang
>kepada wartawan mengatakan, dana untuk istri anggota DPRD yang ingin
>plesiran tersebut, sudah diplot pada ABT 2001 sekitar Rp 147 juta untuk 55
>orang istri anggota dengan tujuan Padang-Batam.
>
>"Namun, bila dalam rencana selanjutnya para ibu-ibu itu melanjutkan
>perjalanan ke Singapura dan Malaysia, itu boleh-boleh saja, karena Batam
>cukup dekat dengan kedua negara itu. Soal biayanya, semuanya sudah
>tercakup dalam dana yang Rp 147 juta tersebut," katanya.

IJP:
Ini aneh. Betul-betul ndak segeh karajo anda, Datuk....

>Wakil Ketua DPRD Sumbar Masfar Rasyid, ketika dihubungi Kompas dan
>Sinar Pagi membenarkan hal itu. "Benar bahwa Panitia Anggaran telah
>memplot dana untuk organisasi istri anggota DPRD dari ABT 2001 sebesar
>Rp 147 juta. Persoalannya, hal ini tak bisa dikaitkan dengan anggota DPRD,
>sebab organisasi istri anggota DPRD tersebut sudah mandiri dan dewasa
>sebagaimana organisasi kemasyarakakatan lainnya," katanya, Rabu (26/9),
>di ruang kerjanya.

IJP:
Bisa dong dikaitkan. Ini menyangkut skala prioritas. kenapa bukan untuk
bayi-bayi yang mati kelaparan di Sumar? Kenapa bukan untuk pembuatan
perpustakaan mesjid? Kenapa bukan untuk menyekolahkan anak-anak yang
kekuarangan biaya?

>Dijelaskan, sebagai organisasi formal dari istri-istri anggota DPRD,
>pihaknya memberikan kebebasan, apa rencana yang terbaik bagi mereka.
>Kalau rencananya jalan-jalan atau pelesiran, kemudian dari pengamatannya
>akan menjadi masukan bagi anggota DPRD, tak ada salahnya. Dasar
>pertimbangannya, itu hasil kesepakatan bersama mereka. Sebagai suami,
>pihaknya tak mau intervensi.

IJP:
Itu urusan anda dan istri anda. Tapi persoalannya, anda menggunakan dana
publik. Kalau hanya organisasi arisan, dengan menggunakan uang pribadi anda,
siapa yang peduli???

>Menurut Masfar, rencana istri-istri anggota DPRD ingin ke Batam dan
>seterusnya menyeberang ke negara tetangga, sudah sejak lama. Tanpa
>dibantu dana ABT, mereka pun akan pergi juga.
>Organisasi ibu-ibu lain dan organisasi masyarakat lainnya dibantu, kenapa
>organisasi istri anggota DPRD tidak. Dana sosial untuk itu kan ada, jadi
>tak ada masalah.

IJP:
Ini pendapat yang kurang ajar. Dana sosial bukan untuk jalan-jalan Bung
Masfar. Heran saya dengan pola pikir anda. Jelas ini bermasalah. Anda pikir
uang Rp. 147 Juta itu sedikit? Banyak sekali, Bung. Kalau dibelikan ke buku
yang harganya Rp. 100.000,- per buah (buku berkualitas, tentunya), jumlahnya
1.470 buah.

>Bagi anggota DPRD, perjalanan para istri tersebut diharapkan bisa
>memberikan masukan dan saran yang berarti bagi aktivitas kedewanan.
>Karena bagaimanapun istri anggota DPRD itu pasti akan menyokong kerja
>suaminya.

IJP:
Apa betul begitu? Bukan malah memperburuk citra Dewan? Apanya yang disokong?
Yang menjadi anggota Dewan itu anda apa istri anda?

>Sejumlah tokoh masyarakat minta agar keberangkatan tersebut
>dipertimbangkan. "Alangkah lebih baik dana anggaran untuk pelesiran
>tersebut dialihkan oleh istri-istri anggota DPRD Sumbar untuk membantu
>peningkatan sumber daya manusia, dengan membantu ribuan anak balita
>yang kini mengalami gizi buruk atau kurang energi protein," kata Asril
>Koto, tokoh pemuda. (nal)

IJP:
Setuju dengan Asril Koto.