Sedikit komentar saya terhadap pembelaan Bung Panggugek.

Rusjdy S. Arifin

----- Original Message -----
From: "panggugek panggugek" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Cc: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, January 31, 2002 6:40 AM
Subject: Re: [RantauNet] [MN] kaba umum

> Tujuan pengiriman tulisan tersebut jelas, sebagai protes keras terhadap
> tulisan yang menghina kaum wanita yang punya hak yang tidak boleh
direnggut
> oleh semua laki-laki yang sok pintar ini.

RSA => Mas, Anda boleh bilang tujuan tulisan tersebut jelas. Itu kan menurut
anda. Tapi cara anda mengungkapkan protes tersebut malah mengaburkan maksud
anda yang sebenarnya. Karena itu biasakan kalau mau mengungkapkan sesuatu
berpikir dulu agak lama. Setelah itu ungkapkan hasil pemikiran tersebut
dengan bahasa yang  baik, bukan memaki-maki. Jika anda melakukannya saya
yakin orang mengerti dan mau mendiskusikan pokok pikiran anda tersebut
dengan baik pula.
Lha. karena cara anda sudah salah orang lain tidak dapat menangkap maksud
anda yang sebenarnya.

> Sebagai tambahan, suku minang akan tetap terpuruk berkesinambungan tanpa
> adanya masukan-masukan dari orang rantau juga orang minang lain keturunan
> cina, india, arab, dan sebagainya. Kalau tidak,semuanya berpikir bagai
katak
> dalam tempurung.

RSA => Saya kira masukan yang diperlukan untuk membangun
Minangkabau/Sumatera Barat adalah masukan yang bermanfaat, bukan yang nggak
jelas, apalagi yang mencaci maki.

> Orang yang tidak sejalan dengan pikiran umum yang ganjil dikeluarkan dari
> milis ini? Itu terpulang kepada penguasa milis ini, tentunya.

RSA => Saya kira bukan tidak sejalan, tapi orang yang tidak dapat berbicara
dengan benar, orang yang suka bercarut, yang bicaranya menimbulkan rasa
mual.

====> Yang ini 'no comment' karena mendekati wilayah pribadi