----- Original Message -----
From: Tri Agus
Sent: Wednesday, June 26, 2002 12:39 AM
Subject: [indonesia_damai] Betapa Miskinnya Rakyat Indonesia

Barry Sihotang dari Seoul

DUA hari lalu, saat akan berangkat ke kota Ulsan, mantan bintang sepak bola nasional Ronny Pattinasarany bersama dua wartawan Indonesia, tersesat di tengah kota Seoul. Lalu kepada seorang mahasiswa setempat, mereka menanyakan cara berangkat ke kota yang dikenal sebagai markasnya Hyundai itu. Si mahasiswa dengan sungguh-sungguh menjelaskan, sebaiknya naik taksi ke stasiun Seoul, karena naik bus kota agak susah.

Dia lalu menghentikan taksi dan bicara serius dengan sopirnya, soal tempat tujuan Ronny dkk. Saat taksi itu akan pergi, si mahasiswa langsung memberikan uang 10.000 won (setara Rp 75.000) sambil berkata dalam bahasa Inggris, "Terima lah uang ini. Jangan malu, dari koran saya tahu persis betapa miskinnya rakyat Indonesia!".

Ronny yang menerima uang itu, belum bisa berkata apa-apa saat taksi langsung jalan. "Apa benar rakyat Indonesia semiskin itu di mata orang Korea? Dada saya sampai sesak rasanya, karena sedih yang luar biasa. Secara pibadi, saya tak merasa dilecehkan, karena dia tak mengenal saya. Apa lagi dia memberikannya dengan begitu tulus. Tapi yang membuat hati ini sangat sedih, justru perasaan kasihan dari dia itu kepada orang Indonesia, yang dibenaknya hidup sangat susah setiap hari," ujar Ronny dengan nada lirih.

Tri Agus
*********
ICQ# 161230955
Berbuat baiklah, biar sedikit asal berkesinambungan