Sebenarnya itu 'maaf' kalau kita coba lihat persoalaannya adalah karena Umat
Islam sangat susah bersatu. Ini terbukti bahwa banyaknya Partai Islam yang
ikut Pemilu dan itupun tidak mencapai angka yang mayoritas. Dan seperti
pernah dilontarkan oleh Dunsanak Ronald bahwa alangkah baiknya kita pada
Pemilu mendatang memilih wakil-wakil yang benar-benar teguh memegang amanah
hanya karena Allah agar tidak terulang kesalahan yang sama pada tahun-tahun
berikutnya yang hanya berjanji saat Pemilu dan melupakannya setelah
mendapatkan segalanya yang tidak berpihak kepada keadilan dan kebenaran.
Agar Umat Islam tidak terasing di negerinya sendiri.

Sebenarnya Umat Islam tidak keberatan siapapun yang bersalah kalau dia
memang bersalah dan terbukti bersalah sesuai dengan prosedur hukum, membom
gereja misalnya, walaupun seorang Ustad Baasir sekalipun misalnya. Karena
membom gereja adalah tindakan yang merusak kerukukan hidup beragama itu
sendiri. Tapi ya prosesnya sesuai dengan hukum kita lah, bukan berdasarkan
pembentukan opini dan tuduhan yang tidak berdasar yang terlalu dini, apalagi
dari cerita orang yang ditangkap kemudian dibawa keluar negeri kemudian dari
laporannya diluar itulah dasarnya. Kasar sekali mainnya, kata orang-orang.

Kita tidak bisa membayangkan kalau  hal itu terjadi pada kita yang tidak
pernah melakukannya....Begitulah sering terjadi pada pengadilan kita, dimana
orang begitu takut berurusan dengan yang namanya polisi dan pengadilan.
Karena apa? Karena begitu mahalnya harga sebuah keadilan dan kebenaran.
Karena mereka bertindak bukan lagi karena Tuhan(bukan semua lho), bukan lagi
karena keyakinan bahwa semua perbuatan akan ditanya saat mati.  Karena apa?
Nurani kita memberontak karena seringnya hal-hal tersebut terjadi di negeri
kita. Oknum jaksa dan hakim seperti itu, oknum polisi yang melindungi
masyarakat malah memperkosa seperti di Makassar. Kita tidak bisa
membayangkan, perlakuan tidak adil menimpa kita.

Islam sebagai umat terbaik dan agama yang benar dan diredhai oleh Tuhan
Allah , selalu menyuruh umat-Nya untuk menjunjung tinggi kebenaran dan
keadilan ini,

"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh
kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.
Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara
mereka ada yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.
(QS. 3:110"

"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada
kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; mereka
adalah orang-orang yang beruntung. (QS. 3:104)"

"Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (ummat Islam), ummat yang
adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar
Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Dan Kami tidak
menjadikan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami
mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang
membelot. Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali
bagi beberapa orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, dan Allah tidak
akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha
Penyayang kepada manusia. (QS. 2:143)"

Mungkin perintah inilah yang mendasari teman-teman FPI dan Lasykar untuk
tidak bersikap apatis dalam menegakkan kebeneran dan keadilan terhadap
lingkungannya...

Dan Umat Islam sudah seharusnyalah berpegang teguh pada tali-tali agama
Allah dan bersatu memilih wakil-wakilnya yang memegang teguh amanah, yang
berpihak kepada kebenaran dan keadilan serta berpihak kepada rakyat. Dan
sebagai bangsa Indonesia, menghindari dari hal-hal yang menimbulkan
perselisihan dan saling tuduh  dan mewaspadai pihak-pihak yang tidak
menginginkan Indonesia bersatu, kalau kita masih berharap negeri ini tidak
karam dan hancur...

"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah
kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan ni'mat Allah kepadamu ketika dahulu
(masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu
menjadilah kamu karena ni'mat Allah orang yang bersaudara; dan kamu telah
berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya.
Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat
petunjuk. (QS. 3:103)"

"Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan
berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah
orang-orang yang mendapat siksa yang berat, (QS. 3:105)"

Wassalamulaikum